Pengelolaan Pantai Teluk Penyu Akan Diserahkan ke Pemkab Cilacap

Pengelolaan Pantai Teluk Penyu Akan Diserahkan ke Pemkab Cilacap

Pengunjung sedang menikmati kawasan Pantai Teluk Penyu Cilacap, Minggu (29/10/2023).-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Geliat pariwisata di Kabupaten CILACAP menunjukkan peningkatan. Hal itu dibuktikan dengan Pantai Teluk Penyu pada Sabtu dan Minggu, tampak ramai dipenuhi oleh wisatawan lokal maupun dari luar daerah.

Pengelola kawasan Pantai Teluk Penyu, Siti Mu'amalah menuturkan, pada hari Sabtu dan Minggu rata-rata pengunjung mencapai 1.000 hingga 1.500 orang. Belum ditambah ketika hari libur Nasional.

"Kita di gerbang pintu satu saja, Sabtu dan Minggu pejualan tiket sudah hampir 1.000. Belum sampai sore nanti, ditambah penjualan dari pintu 2," katanya, Minggu (29/10/2023).

Menurut Siti, jumlah tersebut jika dibandingkan 2 tahun lalu atau pada saat pandemi sudah jauh meningkat. Apalagi pada saat libur lebaran kemarin, pengunjung Pantai Teluk Penyu mencapai puluhan ribu.

BACA JUGA:Pemkab Cilacap Tengah Menyelesaikan Pengelolaan Pantai Teluk Penyu

BACA JUGA:3 Rekomendasi Hotel Murah Dekat Teluk Penyu Cilacap, Hemat Budget!

"Ini sudah cukup ada kenaikan dibandingkan dengan masa pandemi 2 tahun lalu, tapi masih belum cukup stabil dibandingkan dengan liburan lebaran atau libur nasional," lanjutnya.

Diketahui, Pemkab Cilacap melepaskan pengelolaan Teluk Penyu setelah pihak Kodam IV Diponegoro mensertifikasi kawasan garis pantai selatan Cilacap. Selanjutnya pengelolaan wilayah pantai diambil alih oleh TNI.

Namun dalam waktu dekat, pengelolaan kawasan Pantai Teluk Penyu akan diserahkan ke Pemkab Cilacap melalui skema BMD atau aset milik daerah.

"Sebelumnya kan BMN atau aset milik negara. Kita sudah ijin prinsip ke Panglima, semoga direalisasi atau akan diberikan melalui BMD atau aset milik Daerah. Nanti melalui BMD pengasilannya akan dibagi dengan BMN," kata Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar secara terpisah. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: