Sejumlah Cara Efektif Mengatasi Anak Jika Malas Belajar

Sejumlah Cara Efektif Mengatasi Anak Jika Malas Belajar

Sejumlah Cara Efektif Mengatasi Anak Jika Malas [email protected]

RADARBANYUMASDISWAY.ID-Melalui belajar, anak-anak dapat membangun fondasi untuk pertumbuhan. Namun Apa yang menyebabkan anak malas belajar?

Seorang anak yang bersikap malas bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti timbulnya rasa bosan dalam diri anak, kesulitan belajar dan pengetahuan atau pengalaman yang kurang, hingga faktor fisik.

Berikut yaitu solusi dan cara efektif menangani apabila anak bermalasan dalam belajar. 

1. Ciptakan suasana yang nyaman untuk belajar

Kurangi suara-suara seperti televisi, musik, atau suara lain yang membuat anak terganggu dalam proses belajar dan bantu untuk melangkapi kebutuhan belajar anak seperti alat tulis, buku, alat bantu lainnya yang mempermudah proses belajar anak.

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas Inseminasi Buatan, Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Rutin Refilling N2 CairBACA JUGA:Bayi Baru Lahir di Cilacap Kini Bisa Urus Akta Kelahiran Langsung di 10 Rumah Sakit, Ini Nama Rumah Sakitnya

Tidak hanya di ruang belajar, Orang tua juga dapat mengajak anak ke museum untuk belajar sejarah, ke kebun binatang, taman kota dan pusat edukasi lainnya.

2. Bangun komunikasi yang baik dengan anak

Berikan kesempatan pada anak untuk menyampaikan dan menceritakan kendala serta kesulitan dalam belajar, dan menceritakan apa yang ia rasakan terhadap proses belajar. Perhatikan kondisi fisik dan psikis anak apakah ia sudah dalam kondisi siap belajar.

3. Berikan motivasi positif kepada anak

Motivasi untuk anak yang malas belajar memang perlu dilakukan agar anak dapat aktif dan cerdas. Contoh sepertiberikut "Belajar memang tidak mudah, tapi kamu akan merasakan manfaatnya kelak, Nak". Dampingi dan Tanamkan dalam pikiran anak bahwa ia mampu berbuat atau mempelajari sesuatu.

4. Terlibat dalam proses belajar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: