Untuk Masa Depan yang Cerah, Inilah 8 Tips Investasi Pendidikan yang Perlu Anda Ketahui!

Untuk Masa Depan yang Cerah, Inilah 8 Tips Investasi Pendidikan yang Perlu Anda Ketahui!

Untuk Masa Depan yang Cerah, Inilah 8 Tips Investasi Pendidikan yang Perlu Anda Ketahui!-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kemampuan mengatur keuangan untuk masa depan adalah sesuatu yang sering kali tidak diajarkan dalam kurikulum pendidikan formal. Hanya sedikit keluarga yang benar-benar memahami betapa pentingnya mengelola keuangan dengan cermat agar tidak menyesal di kemudian hari.

Seringkali, orang tua cenderung kurang mempedulikan situasi ekonomi mereka. Ini bisa disebabkan oleh kurangnya pengalaman finansial pribadi. Dalam rangka membantu anak mempersiapkan keuangan mereka untuk masa depan yang lebih baik, berikut adalah beberapa tips investasi pendidikan yang perlu dipertimbangkan.

1. Asuransi Pendidikan

Tips investasi pendidikan yang perlu diketahui dan dipersiapkan oleh orang tua adalah dengan melakukan asuransi pendidikan. Berbeda dengan tabungan pendidikan, asuransi pendidikan dikeluarkan oleh perusahaan asuransi. Asuransi ini memiliki jadwal pencairan yang telah ditentukan, yaitu ketika anak memulai pendidikan di tingkat SD, SMP, SMA, atau perguruan tinggi. 

Meskipun asuransi pendidikan dapat memberikan keuntungan lebih besar, pencairan dana hanya dapat dilakukan pada waktu yang telah ditentukan. Pencairan di luar jadwal dapat berakibat pada biaya penalti yang signifikan.

BACA JUGA: 7 Tips Belajar Efektif untuk Meningkatkan Produktivitas Pendidikan Anda

BACA JUGA:Tips Menabung Untuk Menikah

2. Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan adalah jenis tabungan khusus untuk biaya pendidikan anak, yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Pada dasarnya, salah satu tips investasi pendidikan ini adalah tabungan berjangka dengan jangka waktu yang telah ditentukan, serta suku bunga tetap. 

Tabungan ini juga menawarkan fasilitas seperti asuransi jiwa dan kesehatan. Keuntungan utama adalah bahwa tabungan ini aman karena dijamin oleh LPS, bahkan jika pemiliknya menghadapi situasi keuangan yang sulit.

3. Asuransi Jiwa

Tips investasi pendidikan selanjutnya yang perlu dipersiapkan orang tua adalah asuransi jiwa eskipun kita tidak ingin memikirkan hal buruk, memiliki asuransi jiwa penting sebagai perlindungan bagi keluarga. 

Asuransi jiwa dapat memberikan dukungan finansial jika salah satu orang tua mengalami cacat atau bahkan meninggal. Ini memberikan jaminan bahwa anak akan mendapatkan dukungan finansial jika hal-hal buruk terjadi.

BACA JUGA:Catat 7 Tips Hemat dan Menabung Ala Anak Kost

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: