Mengenal Tari Geol Seni Tari Modern dari Banjarnegara

Mengenal Tari Geol Seni Tari Modern dari Banjarnegara

Tari Geol, Seni Tari Modern Banjarnegara-Kabupaten Banjarnegara -

Setiap penari Tari Geol memulai dan mengakhiri tarian ini dengan gerakan Sresik yang memukau. Dengan tangan kanan memegang sumpur di atas telinga, dan tangan kiri berada di depan dada, gerakan ini membawa nuansa keanggunan yang mempesona. Sorot mata yang dalam dan gerakan yang lembut membuat awal dan akhir Tari Geol begitu berkesan.

Tantangan Pelestarian Tari Geol Banjarnegara

Meskipun Tari Geol belum sepenuhnya mendapat perhatian yang seharusnya, namun hal ini menunjukkan pentingnya peran generasi muda dalam melestarikan kebudayaan ini. Tari Geol adalah harta tak ternilai yang harus dijaga agar pesona dan keindahannya dapat dinikmati oleh generasi-generasi mendatang.

Tari Geol adalah cermin dari identitas dan kearifan lokal Banjarnegara. Setiap gerakan mencerminkan sejarah panjang dan kekayaan budaya yang patut dilestarikan. 

BACA JUGA:Hari Batik Nasional, Cara Terbaik Merayakan Keindahan dan Warisan Budaya Indonesia

BACA JUGA:Mengulik Filosofi Begalan Banyumas, Budaya yang Masih Lestari Hingga Kini

Generasi muda memiliki peran penting dalam membawa Tari Geol ke panggung-panggung dunia, memperkenalkan pesona budaya Banjarnegara kepada masyarakat luas.

Jadi, mari bersama-sama melangkah ke dalam dunia Tari Geol Banjarnegara.  Melalui semangat dan kecintaan kita, Tari Geol akan terus mengalun mempesona, mengajak semua orang untuk merasakan keindahan tradisi dan melestarikan warisan budaya kita. 

Mari bersama menjadi pelindung kebudayaan, karena Tari Geol adalah kekayaan kita yang patut dirayakan dan dijaga. Selamat menari, dan selamat melestarikan pesona Tari Geol Banjarnegara!. (wan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: