Sejarah dan Resep Nasi Kebuli, Makanan Otentik Khas Timur Tengah

Sejarah dan Resep Nasi Kebuli, Makanan Otentik Khas Timur Tengah

Sejarah, resep, dan cara membuat nasi kebuli. makanan otentik khas timur tengah.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Nasi kebuli adalah variasi dari nasi yang dimasak dengan kaldu daging kambing, susu kambing, dan juga mentega murni. Nasi kebuli ini populer di kalangan masyarakat Arab di Indonesia.

Asal muasalnya nasi kebuli ini dapat ditelusuri merupakan masakan dari Timur Tengah, terutama pengaruh Arab Yaman yang bernama nasi mandi dan nasi kabsah, serta ada pengaruh masakan India yaitu nasi biryani.

Asal muasal

Nama nasi kebuli berasal dari nasi Afghan yaitu Kabuli palaw, yang merupakan varietas pilaf Afganistan dari Kabul, mirip dengan biryani yang disajikan di anak benua India namun dengan pengaruh besar dengan metode memasak dan bumbu masakan Hadhrami dan India seperti Mandi dan Biryani.

Nasi kebuli versi Timur Tengah bisa dibilang lebih mirip dengan kabuli palaw daripada nasi kebuli versi Lebanon. Kata pilaf, palau atau palaw sendiri secara sederhana berarti hidangan nasi yang dimasak dengan kaldu berbumbu. 

BACA JUGA:Resep Tahu Isi yang Gurih & Renyah Untuk Teman Ngeteh

BACA JUGA:Resep Mie Gacoan Ala Rumahan, Makan Enak Tanpa Perlu Mengantre

Berdasarkan sejarah, hidangan tersebut dibawa ke Timur Tengah dari anak benua India dan Asia Tengah. Salah satu perbedaan dari keduanya adalah adanya parutan wortel di Nasi kebuli versi Timur Tengah atau Afganistan.

Berikut ini beberapa resep cara membuat nasi kebuli yang mungkin saja akan menjadi makanan favorit anggota keluarga di rumah.

Bahan-bahan :

- Beras (4 cup)

- Daging kambing (500 gram)

- Bawang bombay yang sudah dicincang kasar (1 buah)

- Bawang merah yang sudah dicincang kasar (12 butir)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: