Mantapnya Mendoan Jumbo Purwokerto, 1 Porsi Bisa Sekeluarga

Mantapnya Mendoan Jumbo Purwokerto, 1 Porsi Bisa Sekeluarga

Warung Tempe Mendoan Jumbo Di Purwokerto, 1 Porsi Bisa Sekeluarga -food.indozone.id-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Siapa yang tidak kenal dengan makanan satu ini, Yap! Tempe mendoan, merupakan muliner jajanan tradisional Indonesia yang terbuat dari tempe yang diiris tipis.

Tempe yang telah diiris kemudian diselimuti dengan adonan tepung yang dicampur dengan bumbu seperti bawang putih, ketumbar, dan garam.

Setelah itu, tempe mendoan digoreng setengah matang dan disajikan dengan sambal kacang atau sambal kecap, Hidangan ini sangat populer sebagai makanan ringan atau teman makan nasi di berbagai daerah di Indonesia.

Tempe Mendoan sudah melekat sekali dengan Kota Purwokerto, sebagai daerah asal lahirnya tempe mendoan.

 

BACA JUGA:Buntil Ibu Kasmini, Kuliner Legendaris Purbalingga dari Setengah Abad Lebih

BACA JUGA:3 Kuliner Legendaris Dekat Alun-Alun Purwokerto, Wajib Dicicipi!

 

Bahkan tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Purwokerto tapi tidak merasakan enaknya makan tempe mendoang langsung dari kota asalnya. 

Maka dari itu di Purwokerto sebagai daerah asal dari tempe mendoan, tidak sulit untuk menemukan makanan ini di berbagai tempat, mulai dari warung makan, tempat oleh - oleh, atau memang penjual gorengan.

 

Daya Tarik Tempe Mendoan Jumbo

Di Purwokerto tempe mendoang memiliki ciri khas yang berbeda - beda meskipun resepnya sama, salah satunya adalah Tempe Mendoan Jumbo yang ada di Purwokerto.

Seperti namanya, tempe mendoan tersebut memiliki ukuran yang sangat besar dan memberikan pengalaman yang cukup unik bagi para pecinta kuliner.

 

BACA JUGA:Rekomendasi Kuliner Murah di Purwokerto dengan Rasa Enak, Cocok di Kantong Mahasiswa

BACA JUGA:Empal Kupat Bu Marsih, Kuliner Legendaris Purwokerto sejak 1970

 

Karena biasanya Tempe mendoan yang biasa dijual di warung makan hanya sebesar sekepalan tangan, namun tempe mendoan jumbo ini bahkan bisa 5x lipat lebih besar. 

Karena ukurannya yang sangat besar, proses penggorengan tempe mendoan di Toko Sawangan No 1 memerlukan penggunaan wajan yang berdiameter jauh lebih besar.

Bahkan, satu wajan seukuran raksasa tersebut hanya dapat digunakan untuk menggoreng satu tempe mendoan saja.

Tempe mendoan Jumbo ini bahkan baru-baru ini menjadi sangat tren dan viral di TikTok, dan telah menjadi salah satu kuliner yang dicari oleh para wisatawan di Purwokerto.

 

BACA JUGA:Rekomendasi Kuliner Khas Purwokerto yang Harus Dicoba

BACA JUGA:7 Kuliner Mancanegara di Purwokerto, Berasa Makan di Negara Aslinya

 

Untuk menikmati tempe mendoan jumbo yangviral di TikTok ini, Anda dapat mengunjungi pusat oleh-oleh di kawasan Sawangan. Lokasinya terletak di Toko Oleh - Oleh Sawangan No 1. 

Pada awalnya, Toko Sawangan No 1 adalah sebuah toko oleh-oleh yang biasanya dikunjungi oleh wisatawan untuk membeli oleh-oleh khas daerah tersebut.

Namun, sekarang toko ini telah menjadi daya tarik bagi para pecinta kuliner karena menawarkan tempe mendoan berukuran besar yang luar biasa.

Bahkan, banyak food vlogger dari berbagai kota di Indonesia yang bersedia melakukan perjalanan jauh hingga ke Purwokerto hanya untuk mencicipi tempe mendoan.

 

BACA JUGA:Kedai Nasi Oplos Aah, Kuliner Murah dan Hidden Gem di Tengah Kota Purwokerto

BACA JUGA:Belum Ada Rencana Tambah Kantong Kuliner Lagi

 

Mereka datang langsung untuk membayar easa penasaran tempe mendoan jumbo, sampai rela datang ke Toko Sawangan No 1. 

Hal ini menunjukkan seberapa besar daya tarik dan popularitas tempe mendoan unik dengan ukuran yang tidak biasa bagi mereka.

Juga turut serta membantu makanan daerah tradisional seperti tempe mendoan, menjadi lebih populer dan semakin dikenal oleh masyarkat luas.

Di toko ini, para penjual baru akan memulai proses penggorengan tempe mendoan ketika ada pelanggan yang memesan.

 

BACA JUGA:Pasar Situmpur Bakal Punya Kantong Kuliner

BACA JUGA:Pembangunan Shelter Kuliner di Komplek GOR Satria Bakal Dilanjutkan

 

Dengan kata lain, tempe mendoan jumbo akan disajikan dalam kondisi segar dan panas saat disajikan. 

Hal ini memastikan bahwa setiap tempe mendoan yang disajikan tetap segar dan lezat bagi para pelanggan.

Untuk penyajiannya mengikuti seperti pada umumnya tempe mendoan, dengan tambahan sambal kecap khas Purwokerto yang memberikan rasa yang khas dan lezat pada hidangan ini.

 

Harga

Untuk harganya memang lebih mahal daripada tempe mendoan biasa yang ada di warung, yang biasanya dijual dengan harga Rp 1.500/tempe.

 

BACA JUGA:Belum Segera Dibuka Shelter Kuliner di Jalan Bung Karno Purwokerto

BACA JUGA:Kuliner Malam Pasar Manis Maksimal 25 Pedagang

 

Tapi tetap saja tempe mendoan jumbo masih terbilang murah, karena memiliki ukuran yang besar hanya di bandrol dengan harga Rp 15.000 - 17.000/ tempe, bisa dimakan beramai - ramai.

 

Lokasi 

Jika tertarik kamu bisa langsung datang ke Toko Oleh - Oleh Sawangan No.1 di Jl. Mayjend Sutoyo No 23, Sawangan, Kedungwuluh, Kec. Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Jika kamu malas untuk datang langsung karena cuaca yang lagi panas di Purwokerto, kamu bisa memesan online menggunakan aplikasi Grab Food. (aef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: