Potensi Ekspor Lada Purbalingga Capai 201 Ton, Targetkan Bisa Mencapai 400 Ton

Potensi Ekspor Lada Purbalingga Capai 201 Ton, Targetkan Bisa Mencapai 400 Ton

Pertemuan ke-29 Komite Mutu International Pepper Community (IPC) Tahun 2023, di Hotel Grand Braling, Rabu, 11 Oktober 2023.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PURBALINGGA menargetkan bisa mengekspor lada hingga 400 ton, dalam bebetapa tahun mendatang.

Hal itu diungkapkan oleh Plt Asisten 2 Sekda Purbalingga Mukodam, saat Pertemuan ke-29 Komite Mutu International Pepper Community (IPC) Tahun 2023, di Hotel Grand Braling, Rabu, 11 Oktober 2023.

"Hingga tahun 2023 Ini, luas lahan pertanian lada di Kabupaten Purbalingga mencapai 739.54 Hektar," ungkapnya.

Ditambahkan, luas lahan tersebut sekira 3,98 persen dari keseluruhan total luas lahan pertanian Purbalingga yang mencapai 18.583 Hektar.

BACA JUGA:Curi Pompa Air, Seorang Lelaki di Purwojati Banyumas Dibekuk Polisi

"Dari ketersedian lahan tersebut, yang sudah mampu menghasilkan lada sekitar 528,26 Hektar. Dengan jumlah total produksi mencapai 201 Ton. Atau rata -rata produksi sekira 0,38 Ton per Hektar," imbuhnya.

Selanjutnya, dari total produksi lada di Kabupaten Purbalingga Ini, sudah berhasil dieskpor 15 Ton pada Tahun 2022.

"Dan di tahun 2023 ini  sudah siap 40 ton untuk di ekspor ke Jepang," lanjutnya.

Dia menambahkan, target Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam beberapa tahun ke depan, dengan lahan yang tersedia mampu membuka peluang komoditas ekspor lada hingga 400 Ton.

Meski dia mengakui, jika dihadapkan dengan kuantitas ekspor lada nasional, masih sangat kecil untuk mencukupi kebutuhan dan permintaan ekspor. 

BACA JUGA:Ide Bisnis, Bongkar Rahasia Sutrisno asal Banyumas Sukses Tanam Bawang Merah

Pria yang juga Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga ini, berharap dengan sinergi bersama anggota Komite Mutu IPC. 

Serta upaya intensifikasi dan potensi ekstensifikasi Purbalingga akan turut ambil bagian dalam bangkitnya masa kejayaan lada Indonesia.

Dia berharap dengan pertemuan IPC ini, secara tidak langsung dapat terjadi transfer informasi dan pengetahuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: