Jembatan Gantung Sidabowa Banyumas Ambles, Butuh Anggaran Fantastis untuk Perbaikan

Jembatan Gantung Sidabowa Banyumas Ambles, Butuh Anggaran Fantastis untuk Perbaikan

RUSAK : Petugas penjaga jembatan gantung dari Desa Karanganyar menunjukkan bagian baud jembatan yang lepas, Senin (9/10/2023). Minggu malam, Jembatan gantung penghubung dua Desa di Kecamatan Patikraja, Desa Sidabowa dan Desa Karanganyar ditutup total. Pen-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Banyumas, sudah melakukan analisa untuk penanganan Jembatan Gantung yang menghubungkan Desa Sidabowa dengan Desa Karanganyar yang mengalami kerusakan. Untuk anggaran perbaikan kerusakan tersebut, diperkirakan mencapai Rp 100 juta.

"Berdasarkan hasil survei yang kami lakukan, itu diperoleh data kerusakan Jembatan antara lain ; rangka penyangga lantai Jembatan mengalami keropos sebagian, lantai Jembatan yang terbuat dari kayu banyak yang sudah aus, mur baut banyak yang lepas, dan ram pengaman Jembatan sebagian lepas," kata Kepala DPU Kabupaten Banyumas Kresnawan Wahyu Kristoyo.  

Kresnawan menuturkan, untuk waktu penanganan perbaikan Jembatan akan dimulai tanggal 16 - 31 Oktober 2023.

"Karena mengalami kerusakan sehinggga dilakukan penutupan sementara untuk akses Jembatan tersebut," ucapnya.

BACA JUGA:Jembatan Gantung Sidabowa Banyumas Ditutup, Ini Penyebabnya

BACA JUGA:Dugaan Korupsi Jembatan Merah Purbalingga, Polda Jawa Tengah Bakal Tetapkan Tersangka Baru

Lanjut, dilihat dari umur jembatan ia sebut jembatan tersebut termasuk yang sudah tua. Karena sudah digunakan selama 22 tahun.

"Itu konsepnya buat orang untuk jembatan gantung, dan tidak untuk dilalui kendaraan," paparnya.

Meski, begitu pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin agar penanganan jembatan gantung bisa rampung lebih cepat. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: