Pertimbangkan 8 Hal Ini Sebelum Menentukan Tenor Kredit Mobil Bekas!

Pertimbangkan 8 Hal Ini Sebelum Menentukan Tenor Kredit Mobil Bekas!

Ilustrasi Penentuan Tenor Kredit Mobil -Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Membeli mobil bekas merupakan sebuah keputusan penting yang memerlukan banyak sekali pertimbangan. Salah satu aspek terpenting dalam pembelian mobil bekas adalah menentukan tenor kredit yang sesuai. 

Tenor kredit mengacu pada periode atau jangka waktu pembayaran pinjaman Anda. Hal ini bisa berdampak signifikan pada kenyamanan keuangan Anda selama beberapa tahun ke depan. 

Yang sering terjadi saat menjelang akad kredit, seseorang akan kebingungan saat memilih tenor atau jangka waktu cicilan. Mereka bingung menentukan berapa lama tenor kredit yang bisa menguntungkan mereka. 

Biasanya perusahaan leasing akan melakukan penghitungan tenor dalam hitungan bulan. Mereka menyediakan beberapa pilihan mulai dari 12, 24, 36, 48, 60, hingga 72 bulan. Namun, kebanyakan debitur akan memilih tenor di antara 36 sampai 60 bulan saja. 

BACA JUGA:Tips Kredit Mobil yang Sesuai dengan Kemampuan Finansial Kamu

BACA JUGA:Berikut Tips dan Tata Cara Agar Pengajuan Kredit Mobil Mudah Diterima

Setidaknya ada 8 pertimbangan yang perlu Anda pikirkan sebelum menentukan tenor kredit mobil bekas. Dengan memahami kelima faktor ini akan membantu Anda membuat keputusan yang bijak dan menguntungkan. 

1. Besaran Cicilan

Menentukan tenor kredit akan sangat berhubungan dengan besaran cicilan yang nantinya dibayar setiap bulan. Cicilan tentunya akan lebih ringan jika Anda memilih tenor yang lebih lama atau panjang. 

Sebagai contoh, Anda akan melakukan kredit mobil seharga 200 juta dengan tenor 12 bulan. Maka cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya yaitu sekitar 9 juta. Hal ini akan berbeda jika seandainya Anda memilih tenor 60 bulan. Cicilan yang harus Anda bayarkan hanya sekitar 2,2 juta saja setiap bulannya. 

2. Besaran Bunga

Tak hanya berdampak pada besaran cicilan, menentukan tenor kredit juga akan berdampak pada besarnya bunga per tahun. Semakin lama tenor yang dipilih, maka akan semakin kecil bunga yang dibayarkan. Akan tetapi perlu diingat, jika semakin lama tenor yang dipilih juga akan membuat total akumulasi bunya semakin besar. 

BACA JUGA:Apa Perbedaan DP dan TDP dalam Kredit Mobil ? Begini Cara Menghitungnya

BACA JUGA:5 Rekomendasi Leasing Kredit Mobil Tanpa BI Checking 2023, Dijamin Cepat dan Terpercaya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: