Perbedaan KUR Mandiri dan KUR BRI, Mana Pilihan Kamu ?

Perbedaan KUR Mandiri dan KUR BRI, Mana Pilihan Kamu ?

Perbedaan KUR Bank Mandiri dan Bank BRI yang harus kamu tau.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Bank Mandiri dan bank BRI membuka program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dimana program tersebut dihadirkan oleh dua perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang nantinya akan mempermudah pelaku UMKM dalam membangun bisnisnya.

Bank Mandiri membuka program KUR ini hingga periode 31 Desember 2023 mendatang. Sedangkan untuk Bank BRI telah mulai melakukan penyaluran KUR sejak 6 Maret 2023 lalu.

Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mandiri dan BRI 2023 terdiri dari beberapa jenis yang berbeda. Jenis-jenis KUR Mandiri 2023 hadir dengan lima jenis berbeda yaitu KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil, KUR Penempatan Pekerja Migran Indonesia (KUR TKI), dan KUR Khusus

Sedangkan untuk KUR BRI berbeda dengan KUR Mandiri 2023 yang hadir dengan lima jenis, KUR BRI 2023 memiliki tiga jenis, yaitu KUR Super Mikro, KUR Mikro, dan juga KUR Kecil.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dalam Jenis-jenis KUR Berdasarkan Sasarannya

BACA JUGA:Rahasia Sukses Bisnis dengan Pinjaman KUR

Selain itu kedua bank ini tentu saja memili syarat untuk mengajukan KUR. Baik KUR Mandiri maupun BRI memiliki sejumlah syarat untuk yang berbeda terutama pada jenis KUR Super Mikro. 

Persyaratan dan ketentuan untuk pengajuan pinjaman KUR ini harus kamu perhatikan dan harus dilengkapi agar pinjaman KUR yang kamu ajukan dapat cair. Berikut rincian persyaratan jenis KUR Mandiri dan BRI 2023.

Syarat KUR Mandiri 2023 Super Mikro :

1. Menyertakan Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha (SKU) Mikro dan Kecil dari RT/RW, Kelurahan/Desa, atau Pejabat yang berwenang

2. Melampirkan NIK dan e-KTP atau Surat Keterangan Pembuatan e-KTP

3. NPWP untuk limit di atas Rp50 juta

4. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

5. Fotokopi surat akta nikah atau cerai bagi calon debitur yang sudah menikah/cerai

6. KUR Kecil dan KUR Khusus plafon di atas Rp100 juta melampirkan kepesertaan BJS TK

Syarat KUR BRI 2023 Super Mikro

Untuk KUR BRI 2023, terutama pada jenis Super Mikro ini memiliki 2 kriteria yang harus kamu penuhi saat mengajukan pinjaman. Kriteria tersebut terdiri dari kriteria umum dan kriteria khusus.

Kriteria Umum :

1. Belum pernah menerima Kredit Usaha Rakyat

2. Belum pernah menerima pembiayaan atau kredit investasi/modal kerja komersial (kecuali untuk kredit konsumsi keperluan rumah tangga, kredit skema atau skala ultra mikro dan sejenisnya)

BACA JUGA:Kesalahan Umum yang Harus Dihindari saat Mengajukan KUR Mandiri

BACA JUGA:Ini Keuntungan Menggunakan Dana Pinjaman KUR

Sebelum mengajukan pinjaman KUR di Bank Mandiri maupun Bank BRI, kamu harus melihat perbandingan angsuran per bulannya terlebih dahulu. Karena dengan begitu kamu bisa menentukan Bank mana yang memberikan angsuran lebih rendah dengan tenor yang sama sesuai kebutuhan kamu.

Hal tersebut tentu sangat penting karena kamu akan mengetahui angsuran yang harus kamu bayarkan saat pinjaman KUR kamu disetujui oleh salah satu Bank tersebut.

Contoh :

Pinjam Rp50 Juta di Bank Mandiri. Jika kamu meminjam 50 Juta di KUR Bank Mandiri, maka untuk tenor 1 tahun angsuran yang harus kamu bayar adalah Rp4.303.322, jika tenor 1,5 tahun maka angsuran sebesar Rp2.911.583, dan jika tenor 2 tahun maka angsuran Rp2.216.028.

Jika meminjam 50 Juta di Bank BRI, maka dengan tenor 1 tahun angsuranmu sebesar Rp4.416.667, angsuran Rp3.027.778 untuk tenor 1,5 tahun, lalu jika tenor 2 tahun maka angsuran Rp2.333.333, dan untuk tenor 3 tahun angsuran Rp1.638.889.

Di bank BRI kamu juga bisa memilih tenor 4 tahun dengan angsuran Rp1.291.667 dan tenor 5 tahun dengan angsuran Rp1.083.333.

Itulah contoh tabel angsuran antara Bank Mandiri dan BRI untuk pinjaman KUR Rp50 juta yang bisa kamu ketahui. Semoga artikel ini bisa membantu kamu yang sedang mencari rekomendasi Bank untuk pinjaman KUR. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: