2024, APBD Kabupaten Cilacap Fokus Untuk Menangani 37 Desa Miskin Ekstrem

2024, APBD Kabupaten Cilacap Fokus Untuk Menangani 37 Desa Miskin Ekstrem

Aktivitas masyarakat di sekitar wilayah industri di Cilacap-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten CILACAP terus berupaya mengentaskan kemiskinan di Kabupaten CILACAP. Apalagi 37 desa masuk dalam kategori miskin ekstrem. 

Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar mengatakan, sejumlah intervensi dilakukan Pemkab Cilacap. Apalagi sesuai arahan Presiden bahwa pada 2024 tidak ada lagi desa miskin ekstrem.

Dikatakan Pj Bupati Cilacap, di tahun 2024 nanti, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Cilacap akan tetap beriorientasi pada kesejahteraan masyarakat. Dimana akan difokuskan untuk menangani 37 desa miskin ekstrem.

"Kita akan fokuskan APBD 2024 untuk penanganan 37 desa miskin ektrem di Kabupaten Cilacap. Melalui program Kancing Merah (Gerakan Cegah Stunting Masa Depan Cerah), penanganan stunting akan terus berlanjut," kata Yunita. 

BACA JUGA:37 Desa di Cilacap Miskin Ekstrem, Pemkab Ajak Perusahaan di Cilacap Ikut Tangani Kemiskinan Ekstrem

BACA JUGA:Penanganan 73 Miskin di Cilacap, PJ Bupati Meminta Libatkan CSR

Menurutnya, kategori desa miskin ekstrem indikatornya yakni akses air bersih, kepemilikan jamban, jaringan listrik, serta risiko stunting. 

Pj Bupati Cilacap mengatakan, penanganan stunting saat ini terus dilakukan. Bahkan penurunan angka stunting terus membaik. Di awal tahun 2023, jumlah stunting sebanyak 4.494 kasus. Sedangkan pada Agustus 2023, turun menjadi 2.544 kasus

"Program-program akan terus kita lakukan. Seperti jambanisasi, rumah tidak layak huni (RTLH), sambungan listrik, pendampingan stunting, penguatan UMKM, air bersih, Indonesia pintar dan padat karya dengan melibatkan masyarakat miskin," katanya. 

Untuk itu, pihaknya telah memberikan tanggung jawab kepada tiap Kepala OPD untuk memantau satu desa miskin. Dengan demikian, diharapkan intervensi dan pemantauan dapat dilakukan secara berkesinambungan. 

Pj Bupati Cilacap juga meminta perusahan-perusahan yang ada di Cilacap untuk dapat menyerap dan mengutamakan tenaga kerja lokal Cilacap, agar pendapatan masyarakat Cilacap bisa meningkat. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: