Keuntungan KUR Syariah Pegadaian, Pendanaan Tanpa Riba untuk UMKM

Keuntungan KUR Syariah Pegadaian, Pendanaan Tanpa Riba untuk UMKM

Ilustrasi KUR Syariah Pegadaian-Alma Meidhita Putri-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dalam rangka mendukung pemenuhan kebutuhan dana serta pengembangan UMKM berdasarkan prinsip ekonomi syariah, pemerintah Indonesia juga menawarkan pinjaman dana yang dikenal dengan istilah KUR syariah. 

KUR Syariah sendiri merupakan jenis program KUR yang dilaksankaan dengan menyesuaikan prinsip-prinsip syariah islam. Dalam artian, pinjaman melalui KUR Syariah ini sudah sesuai pada prinsip keuangan syariah, seperti menghindari bunga atau riba, serta berpegang teguh pada standar moral dan etika dalam transaksi keuangan. 

Adapun salah satu lembaga keuangan yang memberikan penawaran KUR syariah yaitu KUR Syariah Pegadaian. Untuk mendukung para pemilik UMKM, terdapat banyak keuntungan KUR Syariah Pegadaian yang ditawarkan. 

Jika Anda tertarik dengan program KUR ini, berikut akan dijelaskan beberapa informasi terkait KUR Syariah Pegadaian serta beberapa keuntungannya. 

Apa Itu KUR Syariah Pegadaian

KUR syariah Pegadaian merupakan jenis KUR yang dijalankan dengan prinsip ekonomi syariah. Tentu dalam pelaksanaanya, KUR ini melarang adanya unsur bunga (riba), maysir (spekulasi), serta gharar (ketidakpastian). Hal ini menunjukkan bahwa pembiayaan yang diberikan sesuai dengan prinsip bagi hasil ataupun prinsip lain yang sejalan dengan syariah.

Tujuan dari KUR syariah yang dikeluarkan oleh pegadaian ini yaitu untuk memberi kemudahan akses pembiayaan untuk UMKM serta masyarakat lain yang membutuhkan. Sehingga mereka dapat meningkatkan perekonomian, mengembangkan usah, serta dapat menciptakan lapangan pekerjaan. 

Adapun untuk pengajuan KUR ini melibatkan penilaian terhadap kredit peminjam, meliputi kemampuan mengelola usaha, penilaian terhadap usaha, hingga kemampuan untuk membayar angsuran. 

Keuntungan KUR Syariah Pegadaian

Berbeda dengan KUR konvensional, KUR syariah Pegadaian menawarkan berbagai keuntungan yang unik serta sesuai dengan prinsip syariah. Beberapa keuntungan KUR syariah Pegadaian tersebut antara lain.

1. Pengajuan Mudah

Salah satu keuntungan KUR syariah Pegadaian yaitu proses pengajuannya yang relatif mudah dan tidak memerlukan agunan yang rumit. Calon debitur hanya perlu untuk mengisi formulir, permohonan pembiayaan, serta melampirkan beberapa dokumen persyaratan sesuai ketentuan. 

2. Tanpa Bunga Riba

Karena dijalankan berdasarkan pada prinsip syariah islam, tentunya KUR ini terbebas dari bunga riba. Sebaliknya, pihak Pegadaian mendapatkan keuntungan dari sistem mudharabah atau musyarakah (bagi hasil). Di mana laba bersih akan dibagi menjadi dua yaitu untuk debitur dan pihak Pegadaian. Hal ini tentu menjadi salah satu keuntungan KUR syariah untuk para debitur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: