Kredit Mobil Syariah, Pilihan Terbaik Untuk Kamu yang Ingin Kredit Mobil

Kredit Mobil Syariah, Pilihan Terbaik Untuk Kamu yang Ingin Kredit Mobil

Kredit mobil syariah bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang ingin memiliki mobil impian.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kredit mobil syariah adalah proses pembayaran mobil secara kredit yang biasanya menggunakan akad murabahah.

Akad murabahah sendiri merupakan jenis akad jual beli berbasis syariah yang menegaskan harga perolehan dan margin keuntungan kepada pembeli. Keuntungan itu akan didapatkan dari kesepakatan antara pembeli dan penjual.

Maka dari itu konsumen akan dapat mengetahui margin keuntungan yang dikantongi oleh lembaga pembiayaan tersebut. Dengan demikian transaksi mobil secara syariah ini akan berjalan secara transparan tanpa menimbulkan prasangka dan adil.

Biasanya kredit seperti ini menawarkan pilihan tenor dengan jangka waktu yang cukup panjang bisa sampai maksimal sampai 5 tahun. Dengan begitu konsumen bisa bebas mengatur keuangan atau memilah alokasi dana yang sedang mereka miliki.

BACA JUGA:Bingung Kredit Mobil Bekas Dimana? Ini 5 Rekomendasi Leasing Terpercaya

BACA JUGA:Lakukan Ini Agar Kredit Mobil Cepat Diterima!

Dengan kata lain, cara ini dapat juga disebut sebagai salah satu alternatif bagi konsumen yang melakukan kredit kendaraan baik itu kendaraan baru ataupun bekas tanpa harus berurusan dengan bunga atau riba.

Keuntungan Kredit Mobil Syariah

Kredit mobil syariah tentu saja menawarkan keuntungan yang tidak dimiliki kredit mobil konvensional, salah satu keuntungan dari kredit ini adalah dana yang digunakan berasal dari sumber yang halal. Contohnya obligasi syariah, rekening tabungan, atau modal.

Jadi dapat dipastikan bahwa kredit ini tidak menggunakan uang yang diputar lagi untuk hutang ke masyarakat sehingga hal ini menjadi keunggulan tersendiri yang akan memberikan rasa tenang dalam menjalani proses kredit terutama bagi umat islam.

Tak hanya itu, ada tiga poin perbedaan yang bisa dilihat sebagai keuntungan sistem kredit ini.

- Sumber dana halal

- Denda akan disumbangkan

- Cicilan lebih pasti

- Tak ada bunga

Dengan melihat keuntungan-keuntungan tersebut mungkin saja kamu bisa untuk memanfaatkan layanan kredit mobil syariah.

BACA JUGA:Cara dan Syarat Kredit Mobil Bank BRI, Sangat Diuntungkan!

BACA JUGA:Cara Kredit Mobil Impian Kamu Melalui Bank Mandiri, Banyak Keuntungannya !

Pilihan Lembaga Pembiayaan

Berikut ini adalah beberapa pilihan lembaga pembiayaan yang menyediakan layanan kredit mobil syariah :

1. Bank Syariah Indonesia

Pertama ada BSI. Layanan dari Bank Syariah Indonesia atau BSI ini menyediakan kredit untuk mobil dan juga motor baru. Dalam situs web resminya dijelaskan bahwa layanan ini menawarkan margin ringan setara 2,38% flat.

2. BCA Syariah 

Opsi selanjutnya adalah BCA Syariah, yang memiliki produk bernama KKB iB. Kamu bisa melakukan kredit mobil baru ataupun bekas melalui layanan ini dengan margin yang ditawarkan antara lain 3,55% untuk tenor 1—4 tahun dan 4,55% untuk tenor 5—8 tahun.

3. BPRS Al Salaam

BPRS Al Salaam juga bisa menjadi pilihan lain saat kamu ingin mencari kredit mobil syariah baik untuk mobil baru ataupun bekas. Namun khusus untuk mobil bekas usia maksimum kendaraannya harus 10 tahun. Tapi untuk saat ini layanan layanan tersebut baru berlaku di daerah Jabodetabek dan Bandung.

BACA JUGA:Tips Mudah Mengajukan Kredit Mobil agar Langsung Lolos

BACA JUGA:Cari Kredit Mobil Murah? 10 Leasing Ini Layak Dicoba

4. ACC Syariah

Berbeda dengan kebanyakan lembaga pembiayaan lain yang menyediakan kredit mobil baru, ACC syariah justru hanya menyediakan layanan khusus untuk mobil bekas. Dengan kemudahan dimana konsumen bisa melakukan pengajuan hanya dengan cara mengisi formulir secara online di situs web resminya. 

Itulah tadi ulasan mengenai kredit mobil syariah beserta pilihan lembaga pembiayaan yang menyediakan layanan kredit mobil syariah yang perlu diketahui oleh konsumen. Dengan jumlah populasi pemeluk agama Islam sebagai mayoritas di Indonesia, sangat wajar apabila kredit mobil syariah seperti ini bertumbuh.

Walaupun jumlahnya belum sebanyak kredit mobil konvensional, kredit mobil syariah ini tidak hanya menawarkan kenyamanan yang lebih bagi umat Islam tapi juga terbuka untuk orang-orang non muslim dalam usahanya untuk memiliki kendaraan. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: