Beri Contoh Masyarakat, Pj Bupati Banyumas Turut Bersihkan Jalan, Ajak Kebiasaan Hidup Bersih

Beri Contoh Masyarakat, Pj Bupati Banyumas Turut Bersihkan Jalan, Ajak Kebiasaan Hidup Bersih

Pj Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro menghadiri acara World Clean-up Day 2023 Banyumas di halaman kantor Bappedalitbang Banyumas, Jumat (29/9/2023).-Humas Pemprov Jawa Tengah untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Gerakan bersih-bersih lingkungan sekitar, jangan hanya dilakukan pada saat momen-momen tertentu saja. Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, saat menghadiri acara World Clean-up Day 2023 Banyumas di halaman kantor Bappedalitbang Banyumas, Jumat (29/9/2023). Ia meminta gerakan bersih-bersih dapat dilakukan serentak secara rutin, tanpa menunggu perayaan hari-hari tertentu.

"Akan ada gerakan serentak juga, mulai dari kabupaten melibatkan seluruh stakeholder, swasta, pemerintah, dunia usaha, perguruan tinggi, itu sebulan sekali atau dua kali nanti biar dirembug dulu. Itu melakukan bersih lingkungan, gugur gunung, kerja bakti di lingkungan sekitarnya," kata Hanung, usai mengikuti kegiatan bersih-bersih kota.

Hanung menambahkan, kegiatan bersih-bersih secara berkala ini juga merupakan bagian dari mitigasi dan pencegahan bencana. 

Ia menekankan, sebentar lagi mendekati musim hujan. Masyarakat perlu terus dipupuk kesadarannya bahwa salah satu penyebab bencana banjir adalah saluran drainase yang mampet karena sampah.

Sehingga, tandasnya, sangat penting agar masyarakat senantiasa dilibatkan dalam upaya membersihkan lingkungan bersama-sama.

"Persiapan menghadapi musim penghujan itu, akan ada gerakan serentak resik-resik, mulai dari tingkat kabupaten sampai tingkat desa, kelurahan, RT, RW untuk membersihkan masing-masing lingkungannya. Ini juga merupakan bagian dari mitigasi, dan pengurangan resiko bencana," tegas Pj Bupati.

Lebih jauh, Hanung menyampaikan jika gerakan bersih-bersih secara rutin ini diharapkan dapat dilakukan secara terus menerus. Ia mengungkap akan melakukan monitoring di lingkungan-lingkungan untuk memastikan masyarakat Banyumas gemar bersih-bersih dan mencintai lingkungan mereka.

"Dan kita akan lakukan monitoring, jumat kita akan jalan mungkin dengan teman-teman dinas, badan kantor mungkin kita akan lari atau naik sepeda, kita akan kontrol satu persatu sekolah-sekolah maupun lingkungan yang ada di sekitar," pungkasnya.

Sebelumnya, Pj Bupati membuka apel World Clean-up Day di halaman kantor Bappedalitbang, Banyumas. Usai membuka apel, Pj Bupati langsung turun ke jalan membawa sapu dan membersihkan sebagian ruas jalan di sekitar GOR Gelora Satria Purwokerto.

Ia juga nampak akrab dengan pedagang kaki lima yang tengah berjualan. Saat bercengkerama, Hanung mengimbau masyarakat untuk membiasakan diri dengan pola hidup bersih.

Selain di sekitar kantor Bappedalitbang, kegiatan bersih-bersih juga dilaksanakan serentak di sekitar Bundaran Berkoh, Kompleks Tugu Gada Rujakpolo, Sungai Banjaran  di ruas jalan Jenderal Sudirman, serta kompleks GOR Gelora Satria Purwokerto. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: