Keseruan Mahasiswa Internasional Program BIPA UMP Nikmati Bus Trans Banyumas

Keseruan Mahasiswa Internasional Program BIPA UMP Nikmati Bus Trans Banyumas

Progrqm BIPA UMP telah sukses menggelar kegiatan outdoor class di Baturraden bagi para mahasiswa asing-Humas UMP untuk Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) telah sukses menggelar kegiatan outdoor class di Baturraden, bagi para mahasiswa asing pada Kamis lalu. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia kepada para mahasiswa asing yang tinggal di Purwokerto.

Pagi itu, sedikitnya lebih dari 30 Mahasiswa Internasional berkumpul di halte bus UMP, menunggu Bus BTS (Buy The Service) untuk membawa mereka ke Baturraden. Peserta terdiri dari mahasiswa internasional program Darmasiswa RI, mahasiswa asing baru dari program Rector Scholarship, dan beberapa mahasiswa asing angkatan sebelumnya yang mengikuti kelas BIPA.

Koordinator Program BIPA UMP, Titik Wahyuningsih, S.S.,M.Hum mengatakan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mengenalkan bahasa dan budaya Indonesia.

“Karena mereka tinggal di Purwokerto, mereka perlu tahu bagaimana memanfaatkan transportasi lokal yang tersedia, termasuk memanfaatkan BTS yang memasuki wilayah kampus UMP. Kami ajak ke Baturraden yang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Banyumas dan memiliki pesona budaya selain keindahan alam,” jelasnya. 

BACA JUGA:UMP dan San Pablo College Philippines Jalin Kerjasama Internasional

BACA JUGA:Ratusan Relawan Wisuda Siap Siaga di Wisuda ke-72 UMPBACA JUGA:Ratusan Relawan Wisuda Siap Siaga di Wisuda ke-72 UMP

Selain mencoba pengalaman baru naik BTS, para mahasiswa asing tersebut juga merasakan pengalaman naik angkot dari Terminal Baturraden hingga lokawisata Baturraden. 

Selama berada di area wisata, mahasiswa asing tersebut tidak hanya menikmati indahnya alam Baturraden, tetapi juga mendapatkan informasi singkat tentang arti kata Baturraden dan cerita yang melatarinya. 

Mereka juga diminta berkomunikasi dengan para pengunjung dan pedagang yang ada di loka wisata. Usai berkeliling, mereka menikmati makan siang bersama tak jauh dari air terjun. Makan siang ini juga menjadi sarana mengenalkan makanan tradisional Indonesia kepada para mahasiswa asing. 

Para Mahasiswa asing juga terlihat sangat menikmati hidangan yang ada meskipun beberapa merasakan sambal yang terlalu pedas di lidah mereka. 

BACA JUGA:SEA Teacher, PBI UMP Kembali Kirim Empat Mahasiswa ke Filipina

BACA JUGA:Prodi Ilmu Keperawatan S1 UMP Terima 71 Mahasiswa RPL

Kegiatan lain dalam acara tersebut adalah games berbisik dalam berbahasa Indonesia.  Selain melatih konsentrasi, menambah kosa kata baru, latihan pengucapan kata, mereka juga belajar menjadi tim yang solid meskipun anggota tim terdiri dari berbagai bangsa dan latar yang berbeda. 

Sebelum pulang, Samar Al-Haj, mahasiswi asal Palestina, meminta seluruh peserta beraksi di TikTok untuk merekam kegembiraan bersama yang disambut dengan antusiasme yang tinggi dan suka cita oleh seluruh peserta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: