Permainan Futsal: Pengertian, Sejarah, dan Manfaatnya!

Permainan Futsal: Pengertian, Sejarah, dan Manfaatnya!

Permainan Futsal-Federasi Futsal Indonesia-

BACA JUGA:Cosmo JNE FC Sapu Bersih Kemenangan di Pekan Keenam Liga Futsal Profesional 2023??

BACA JUGA:Beredar Video Gengster Melintas di Tamkot Sumpiuh, Kapolsek: Hanya Rombongan Futsal Pulang, Aman

Orang tersebut pada akhirnya merasakan bermain futsal pada lahan yang basah sehingga ia berpikir untuk memindahkan permainan tersebut di dalam ruangan.

Karena luas lapangan menjadi sempit, yang tadinya jumlah pemain sama seperti sepak bola berganti menjadi hanya 5 pemain di masing-masing tim.

Sejak saat itu banyak sekali masyarakat yang menjajal olahraga ini, setelah semakin banyak Juan Carlos Ceriani menerbitkan buku peraturan futsal seperti yang dijelaskan pada Charlotte Futsal Foundation. 

Peraturan futsal mengadaptasi dari beberapa cabang olahraga yaitu sepak bola, basket, hingga polo air. Dengan kombinasi itu menjadikan futsal sebagai olahraga yang kompleks dan berpotensi menjadi cabang olahraga yang besar.

Pada saat itu permainan futsal lebih dikenal dengan sebutan futbol sala atau berarti sepak bola di dalam ruangan. Permainan ini sangat gencar disosialisasikan sehingga tersebar ke seluruh bagian Amerika Selatan. Hingga terselenggaralah kompetisi internasional pertama pada 1965.

BACA JUGA:Saat Para Penyandang Tuna Netra bermain Futsal di Turnamen Goal Ball di Banjarnegara

BACA JUGA:Kepala Ditutup Kresek, Para Napi di Banjarnegara Tanding Futsal untuk Meriahkan HUT RI

Setelah kompetisi tersebut usai, futsal terus menunjukan perkembangan yang signifikan hingga didirikan federasi futsal pusat atau internasional dengan nama FIFUSA (International Futsal Federation).

Hebatnya pada 1989 FIFUSA resmi bergabung dengan FIFA, di tahun yang sama diselenggarakan kejuaraan dunia pertama kali di Belanda.

Manfaat Permainan Futsal

  • Meningkatkan kebugaran otot pada tubuh.
  • Meningkatkan kepercayaan diri karena terbiasa berhadapan dengan lawan di lapangan.
  • Meningkatkan daya berpikir cepat karena dalam futsal dituntut untuk mengambil keputusan secara cepat.

Sekarang kalian sudah paham mengenai pengertian, sejarah, dan manfaat permainan futsal. Sehingga saat bermain lebih menggunakan hati lagi karena punya filosofi tersendiri. (okt/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: