Permainan Futsal: Pengertian, Sejarah, dan Manfaatnya!

Permainan Futsal: Pengertian, Sejarah, dan Manfaatnya!

Permainan Futsal-Federasi Futsal Indonesia-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Olahraga telah sukses menajadi gaya hidup di lapisan masyarakat. Tak terkecuali permainan futsal yang mana penyewaan lapangannya ada di setiap kota.

Futsal menjadi tren anak muda, seperti di Purwokerto saja ada banyak sekali lapangan dari mulai Score, Petro, Champion, Blessing, hingga Orion. Dari mulai remaja hingga dewasa bermain di lapangan tersebut.

Permainan futsal memiliki visi dan misi yang sama dengan sepak bola, tetapi ukuran lapangan, gawang, jenis sepatu, hingga aturannya pun penuh perbedaan.

Terlebih futsal Indonesia di Asia Tenggara menjadi yang terbaik pada Sea Games 2021. Hal itu membuat penggiat olahraga ini semakin termotivasi untuk menjadi pemain profesional.

Berikut informasi mengenai permainan futsal yang meliputi pengertian, sejarah, dan manfaatnya telah Radarmas rangkum dari berbagai sumber;

BACA JUGA:Ikuti AFP Jawa Tengah Championship 2023, Tim Futsal Purbalingga Targetkan Juara

BACA JUGA:Lapangan Futsal di Banjarnegara Dijadikan Venue Liga Futsal Nusantara 2023

Pengertian Permainan Futsal

Melansir dari Massachusetts Youth Soccer Association, futsal merupakan permainan yang dilakukan oleh lima orang (empat orang pemain serta satu orang kiper).

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), futsal tergolong dalam jenis permainan sepak bola yang dilakukan di sebuah ruangan besar dengan ukuran lapangan dan gawang yang lebih kecil dibanding lapangan sepak bola.

Jadi, pengertian futsal yaitu permainan olahraga yang dilakukan oleh dua tim saling berlawanan dengan masing-masing menurunkan 5 pemain. Permainan ini memiliki misi memasukan bola ke dalam gawang lawan.

Sejarah Permainan Futsal

Sejarah permainan futsal sangat panjang dan sudah terjadi banyak perkembangan di dalamnya. Berdasarkan Federation Internationale de Football (FIFA), permainan pertama kali digelar pada 1930 oleh seorang guru di Montevideo Uruguay bernama Juan Carlos Ceriani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: