Menjelajahi Warisan Seni Wayang Di Museum Wayang Banyumas

Menjelajahi Warisan Seni Wayang Di Museum Wayang Banyumas

Mengenal Dan Menjalahi Kesenian Wayang Di Museum Wayang Banyumas-instagram: @albapotret-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Banyumas adalah daerah yang kaya akan warisan budaya, terutama dalam bidang seni pertunjukan. Salah satu bentuk seni tradisional yang telah menjadi bagian  dari budaya Banyumas adalah wayang kulit.

Wayang, yang berarti "bayangan" dalam bahasa Jawa, adalah seni teater tradisional yang menggunakan boneka  untuk menceritakan kisah-kisah epik dari mitologi Hindu dan Ramayana.

Salah satu tempat terbaik untuk memahami dan menghargai seni wayang ini adalah Museum Wayang Banyumas, yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia.

Sejarah Museum Wayang Banyumas

Museum Wayang Banyumas merupakan museum khusus yang dibuka pada tanggal 31 Desember 1983, atas gagasan  Soepardjo Roestam dan para sesepuh Banyumas. Museum ini terletak di Kompleks Pusat Pemerintahan Lama Banyumas.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Wayang Suket Warisan Tak Benda Asli Purbalingga

BACA JUGA:Ini Penjelasan Lengkap Wayang Kulit Gagrag Asli Banyumas

 

 

Bangunan museum dulunya merupakan tempat Paseba (tempat pertemuan) para tamu penguasa. Museum ini  didirikan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas, sebagai upaya untuk melestarikan dan mempromosikan seni wayang tradisional yang kaya di daerah ini. Museum ini merupakan wujud komitmen untuk menjaga warisan budaya yang unik dan bernilai tinggi.

Koleksi Seni Wayang yang Mengagumkan

Salah satu hal yang paling menarik tentang Museum Wayang Banyumas adalah koleksi seni wayang yang luar biasa. Museum ini memiliki berbagai jenis koleksi wayang. Dan juga juga terdapat gamelan dan properti untuk pertunjukan wayang.

Koleksi di sini mencakup berbagai jenis wayang, termasuk Wayang Gagrag Banyumasan, Wayang Suket dan lainnya. Selain itu, di museum ini Setiap jenis wayang ini memiliki karakteristik unik, dan digunakan untuk berbagai jenis pertunjukan.

BACA JUGA:Dinporabudpar Banyumas Intensifkan Program Wayang Masuk Sekolah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: