Mengenal Program KUR di Indonesia untuk Pelaku UMKM

Mengenal Program KUR di Indonesia untuk Pelaku UMKM

Mengenal Tentang Program KUR Yang Diberikan Pemerintah Untuk UMKM Indonesia-Liputan6.com-

RADARBANYUMAS.DISAWAY.IDKUR atau Kredit Usaha Rakyat adalah program dari pemerintah untuk mendukung para UMKM di Indonesia. 

Dukungan ini berupa pemberian kredit atau pembiayaan modal untuk bekerja atau membuka usaha bagi pada perseorangan, perseorangan, badan usaha, atau sebuah kelompok yang layak dan produktif.

Tetapi karena belum memiliki dana atau modal yang belum cukup. Tujuan dari KUR ini adalah untuk meningkatkan UMKM dan usaha yang produktif di Indonesia. Juga bertujuan meningkatkan daya saing para usaha mikro, kecil ataupun menengah (UMKM).

KUR juga bertujuan untuk mendorong tumbuhnya ekonomi dan penyerapan tenaga kerja yang ada di Indonesia. Serta untuk memajukan kesejahteraan di Indonesia.

BACA JUGA:Tips Agar Pengajuan KUR Auto Cair!

BACA JUGA:Penjelasan Lengkap KUR BRI, Pengertian, Jenis, Syarat, dan Cara Mengajukannya!

Menurut Peraturan Menteri Koordinatur Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2017 mengenai Pedoman Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat. Penerima KUR terdiri dari calon tenaga kerja Indonesia yang berada di luar negeri, UMKM, calon pekerja yang sedang magang di luar negeri, dan masih banyak lagi.

UMKM merupakan salah satu sektor unggulan yang membuat perokonomian di Indonesia naik secara drastis. Para UMKM dan koperasi yang berada di Indonesia ternyata menempati bagian terbesar dari seluruh aktivitas yang ada di Indonesia.

Dari petani, nelayan, pedagang, peternak, penambang, dan semua pekerjaan yang memberikan jasa. UMKM juga memberikan banyak sekali kontribusi yang cukup besar ke Produk Domestik Bruto (PDB).

Pada tahun 2013, kontribusi UMKM dan PDB meningkat secara pesat sebesar 60,34 persen, penyerapan tenaga kerja sebesar 96,99 persen, dan terhadap total ekspor non migas yang mencapai 15,68 persen.

BACA JUGA:KUR BRI untuk UMKM, Kenali Pengertian, Tujuan, Keuntungan, dan Manfaatnya

BACA JUGA:Kecamatan Gumelar Banyumas Kekurangan Guru Olahraga, Kepala Sekolah Rangkap Tugas Jadi Guru Olahraga

Jenis-Jenis KUR

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: