Aktivitas Menarik Di Bukit Sikunir Dieng,Wisata Daerah Wonosobo

Aktivitas Menarik Di Bukit Sikunir Dieng,Wisata Daerah Wonosobo

Daya Tarik Sunrise Bukit Sikunir, Wisata Dieng Wonosobo-putrasikunir.com-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Bukit Sikunir menjadi salah satu favorit untuk melihat indahnya sunrise dari atas awan. Bukit ini memang terkenal oleh wisatawan dengan pemandangan matahari terbit dan negeri atas awanya.

Bukit Sikunir terletak di daerah Dieng, Wonosobo dengan ketinggian 2.463 mdpl, maka dari itu daerah ini sering disebut sebagai negeri diatas awan. Meskipun terbilang tinggi tapi jalur pendakian menuju puncak bukit Sikunir ini tidak terlalu panjang.

Karena pada ketinggian 2.300 mdpl masih terdapat sebuah desa Sembungan, yang masih bisa diakses dengan kendaraan pribadi maupun travel.

Suasana di Bukit Sikunir  ini juga cukup dingin bisa mencapai suhu 15 sampai 10 derajat celcius, tergantung cuaca.

BACA JUGA:Gunung Prau dan Bukit Sikunir Seperti Pasar Tumpah

BACA JUGA: Jalur Alternatif Banjarnegara-Dieng Via Plipiran Kembali Dibuka

Selain itu karena banyak juga aktivitas yang bisa dilakukan di bukit Sikunir ini. Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di bukit Sikunir :

Tracking santai

Untuk bisa sampai kepuncak Bukit Sikunir memang butuh sedikit perjuangan, karena kamu harus berjalan nanjak menaiki bukit dari tempat parkir yang ada di bawah.

Bukit Sikunir sangat diminati oleh para wisatawan dari luar Wonosobo, khususnya bagi para pendaki pemula yang ingin mencoba latihan untuk mendaki gunung sebelum mencoba gunung yang memiliki ketinggian diatas 2500 mdpl.

karena memiliki daya tarik merasakan sensasi seperti naik gunung dengan merasakan pemandangan dari ketinggian dan udara yang dingin, tapi tidak membutuhkan tenaga dan waktu berjalan yang begitu banyak.

BACA JUGA:Dampak Embun Es, 6 Hektare Tanaman Kentang di Dieng Gagal Panen

BACA JUGA:Dieng Banjarnegara Akan Kejar Borobudur Jadi Wisata Favorit di Jawa Tengah

Waktu yang dibutuhkan untuk tracking dari bawah sampai ke atas puncak hanya 30 menit saja dengan berjalan normal. Jalur yang ada juga tidak terlalu berat karena sudah dibuatkan anak tangga di beberapa jalur untuk memudahkan para wisatawan.

Namun para pengunjung juga harus berhati – hati saat melakukan tracking karena jalur yang terkadang licin dan sempit jika banyak wisatawan yang datang ke Bukit Sikunir untuk menikmati pemandangan indah dari atas puncak bukit.

Banyak juga wisatawan dari kalangan para orang tua yang berumur, tapi mereka masih kuat naik keatas puncak Bukit Sikunir, meskipun harus dengan pelan – pelan berjalanya agar tidak begitu terasa melelahkan.

 

Bersantai Menikmati Sunrise

Kebanyakan para wisatawan yang datang ke Bukit Sikunir ini memang untuk bersantai dipagi hari sambil melihat matahari terbit dengan landscape gunung – gunung yang yang menjulang tinggi ada diatas awan.

BACA JUGA:Candi Bima, Candi Tertua di Dataran Tinggi Dieng

BACA JUGA: Dieng Culture Festival Ditargetkan Jadi Destinasi Wisata Internasional

Kamu bisa melihat beberapa gunung – gunung seperti Gunung Prau, Sindoro, Sumbing, Merapi, dan Merbabu yang mengelilingi bukit Sikunir.

Momen Matahari terbit diantara sela - sela pegunungan menjadi sebuah momen luar biasa yang bisa dilihat dan difoto oleh para wisatawan untuk mengabadikanya.

Biasanya para wisatawan yang datang dari luar kota akan berangkat dari tengah malam sehingga tidak kelewatan sunrise yang ada di Bukit Sikunir.

Golden sunrise yang ada di Bukit Sikunir tidak akan mengecewakan perjuanganmu telah pergi  berangkat dari tengah malam dan pagi buta harus tracking naik ke atas puncak Bukit Sikunir.

 

BACA JUGA:Awal 2023, 9.857 Wisatawan Berkunjung ke Dieng Banjarnegara

BACA JUGA:Akhir Tahun ke Dieng, Ini Rute yang Disarankan, Hindari Menggunakan Peta Online Ikuti Jalur Utama

 

Camping  di Telaga

Untuk wisatawan yang tidak ingin pergi dari tengah malam, diberikan pilihan bisa mencoba untuk mendirikan tenda di camping Camping ground Telaga Cebong yang berada tidak jauh dari tempat parkir, menikmati suasana malam yang ada di Bukit Sikunir yang juga tidak kalah indah dipandang.

Para wisatawan yang memilih untuk bercamping biasanya memamng wisatawan yang senang mendaki gunung, karena suasana sekitar yang tidak kalah seperti sedang berkemah di tepian Ranu Kumbolo yang ada di Gunung Semeru.

Suasana dingin dan suara jangkrik yang ada di sekitar telaga,  akan menemani sepanjang malamu di Bukit Sikunir.

Selain menikmati pemandangan malam hari yang ada di Bukit Sikunir, para wisatawan jadi tidak terburu – buru untuk mendaki keatas puncak karena tahu waktu yang pas.

Pastikan pada saat camping kamu membawa peralatan yang cukup dan memadai. Seperti flysheet, sleeping bag dan kotak p3k untuk menjaga – jaga jika ada suatu hal yang terjadi, bisa juga melapor meminta bantuan pada petugas penjaga yang ada di lokasi tersebut. (aef/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: