Cara Membuat CV yang Menarik Perhatian HRD, Fresh Graduate Wajib Tahu

Cara Membuat CV yang Menarik Perhatian HRD, Fresh Graduate Wajib Tahu

Bagaimana Cara membuat CV menarik bagi Fresh Graduate, Yang menarik perhatian HRD-oppal.co.id-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Apa benar membuat CV yang menarik perhatian HRD itu sulit? Sebenarnya tidak jika kita mengetahui hal apa saja yang harus diperhatikan. Ketidaktahuan dasar membuat CV itulah yang akan mempersulit kamu dalam membuat CV.

Maka dari itu sebelum membuat CV kamu perlu mengetahui beberapa hal penting mengenai CV itu seperti apa? Dan bagaimana CV kamu bisa menarik perhatian HRD dan bersaing dengan para pelamar lainya.

Pengertian CV

Sebelum membuat CV atau daftar riwayat hidup, kamu harus terlebih dahulu mengetahui pengertian dari CV tersebut. Karena data ini merupakan hal penting yang berisikan informasi pribadi kamu yang akan menjadi bahan pertimbangan HRD untuk merekrutmu.

Memang Jika diartikan dari bahasa Latin CV memliki arti perjalanan hidup saya. Karena memang membuat CV  ditunjukan untuk melamar sebuah pekerjaan,  maka dari itu CV harus memuat informasi atau gambaran yang bisa menceritakan secara singkat bagaimana pribadi diri kamu sendiri.

BACA JUGA:Aplikasi Penghasil Uang Sampingan, Cukup Pilih Pekerjaan Atau Tuntaskan Misimu

Format penting CV yang harus ada

Sebenarnya cara membuat CV tidak begitu sulit, karena Secara umum isi dari CV biasanya berisikan:

1.      1. Nama lengkap,

2.      2. Tempat tanggal lahir,

3.      3. Deskripsi singkat tentang diri kamu,

4.     4. Latar belakang pendidikan terakhir, 

5.     5.  Keahlian yang kamu miliki,

6.     6. Pengalaman organisasi atau kerja yang pernah kamu ikuti semasa sekolah/kuliah.

Hal-hal tersebut yang harus diperhatikan untuk membuat cv bagi para fresh graduate, bisa dengan ditambahkan penjelasan secara singkat di poin-poin yang telah disebutkan, sehingga dapat menceritakan perjalanan hidupmu secara jelas.

Menyesuaikan CV dengan pekerjaan yang akan dilamar

Hal ini harus diperhatikan ketika kamu baru ingin membuat CV. Pada dasarnya CV yang menarik memiliki artian yang sangat luas tergantung perusahaan yang akan kamu lamar karena belum tentu CV yang dianggap menarik suatu perusahaan juga dianggap menarik oleh perusahaan lainya.

BACA JUGA:Awal 2023, Ini Data 10 Pekerjaan Teratas yang Paling Dicari Saat Ini

Maka dari itu sebelum kamu membuat CV kamu harus menentukan pekerjaan apa yang akan kamu lamar, dan pada bidang apa perusahaan tersebut bergerak.

Misal saja pekerjaan yang berada pada bidang industri kreatif akan lebih menyukai CV yang penuh dengan kreativitas dan umumnya lebih menonjol. Berbeda jika kamu melamar pada jenis pekerjaan yang ada di institusi pemerintahan akan lebih menyukai CV yang lugas dan konvensional.

CV harus singkat dan jelas

Untuk membuat CV tidak perlu sampai berlembar-lembar halaman, karena akan hanya dianggap bertele – tele dalam menjelaskan informasi pribadimu dan tidak akan menarik perhatian HRD untuk membaca CV yang telah kamu kirimkan.

Membuat CV tidak perlu panjang, hanya perlu singkat dan jelas namun isinya sudah cukup untuk menggambarkan perjalanan hidupmu dan memberi tahu informasi pribadimu.

BACA JUGA:Angka Pengangguran di Banyumas Masih Tinggi, Terdapat 52 Ribu Warga Yang Tidak Memiliki Pekerjaan

Grafik tidak perlu berlebihan

Dalam membuat CV memang dibutuhkan grafik agar tampilan dari CV tersebut tidak terlihat kaku dan lebih mudah untuk dibaca. Namun jika CV yang kamu buat terlalu banyak grafik yang ditampilkan malah akan menyulitkan para pembaca.

Maka dari itu kamu harus menata rapih grafik yang kamu berikan, tidak perlu terlalu banyak grafik yang kamu berikan  sehingga memenuhi CV yang kamu buat, sisakan ruang kosong agar tidak terlihat terlalu penuh dan lebih mudah untuk dibaca.

Masukan CV dengan Pengalaman kerja yang Relevan

Buatlah ringkasan mengenai informasi data pribadi dan perjalanan hidupmu yang relevan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar. Hindari memasukan pengalaman yang tidak relevan dengan pekerjaan yang dilamar, karena hanya akan membuat CV kamu terlihat bertele – tele.

Jika kamu adalah seorang Fresh Graduate tanpa pengalaman kerja kamu tidak perlu takut dan malah mengosongkan bagian pengalaman kerja, karena kamu dapat memasukan pengalaman-pengalaman yang pernah kamu ikuti sewaktu sekolah/kuliah yang masih relevan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar.

Sehingga kamu akan lebih dinilai memiliki kemampuan yang mumpuni untuk bekerja dalam tim dan mudah beradaptasi dalam lingkungan kerja. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: