Akibat Percikan Api dari Oven, Limbah Kayu Pabrik di Karangpucung, Cilacap Terbakar

Akibat Percikan Api dari Oven, Limbah Kayu Pabrik di Karangpucung, Cilacap Terbakar

Petugas Damkar berusaha memadamkan kobaran api limbah dari pabrik kayu di Karangpucung, Cilacap, Sabtu (9/9/2023).-DAMKAR CILACAP UNTUK RADARMAS -

CILACAP,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebuah pabrik pengolahan kayu CV Mitra Pesona Flywood yang terletak di Desa Ciporos, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, terbakar pada Sabtu (9/9/2023) sekitar pukul 20.00 WIB.

Asap pertama kali terlihat oleh saksi, keluar melalui cerobong pembuangan limbah kayu. Karena curiga, salah seorang saksi mengecek dan ternyata limbah kayu sudah terbakar.

"Limbah kayu di tempat pembuangan terbakar. Para saksi berusaha memadamkan api dengan alat seadanya," kata Kepala UPT Damkar Cilacap Supriyadi, Minggu (10/9/2023).

Khawatir api menyebar salah satu saksi menghubungi Pos Damkar, dan langsung ditindaklanjuti dengan mengirimkan 2 armada dari Pos Majenang dan Sidareja.

BACA JUGA:Lahan Seluas 1 Hektare Milik Perhutani di Kubangkangkung Terbakar, Penyebab Belum Diketahui

BACA JUGA:Dukung Relawan Damkar, Kilang Cilacap Serahkan Bantuan APD

"Dua armada kita kirim dengan 6 petugas dibantu 8 orang relawan. Sekitar pukul 22.00 api berhasil dipadamkan dengan menghabiskan 24.000 liter air," lanjut Supriyadi.

Penyebab kebakaran kemungkinan berasal dari percikan api dari oven karena lokasi pembuangan limbah kayu dengan lokasi oven berdekatan. Sedmiangkan kerugian masih dalam pendataan.

"Beruntung kebakaran tidak meluas ke bangunan utama, sehingga kerugian sangat kecil," kata Supriyadi.

Selanjutnya sebagai prosedur tetap dilakukan sosialisasi aplikasi Satkartaru SIAP berikut dengan cara pelaporan nya, Kemudian dilanjutkan dengan pembagian nomor Pos Damkar.

"Kita berikan himbauan kepada masyarkat, terlebih saat ini sedang musim kemarau yang dapat dengan mudah memicu terjadinya kebakaran," pungkas Supriyadi. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: