Fakta Unik Telaga Sunyi Baturaden yang Menyimpan Kisah Menarik

Fakta Unik Telaga Sunyi Baturaden yang Menyimpan Kisah Menarik

Wisata Telaga Sunyi Baturaden, yang menyimpan beberapa fakta menarik-posindonesia.alber.id-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Telaga sunyi merupakan salah satu tempat wisata alam yang memiliki fakta unik dan menyimpan kisah yang menarik. Obyek wisata yang sangat indah dan asri ini berlokasi di daerah Baturaden, Banyumas. Letaknya tidak jauh dari pusat Kota Purwokerto, hanya sekitar 30 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Tempat ini menawarkan sensasi alam yang masih terjaga dengan Telaga yang langsung bersumber dari mata air Gunung Slamet dan diselimuti rindangnya pepohonan-pepohonan yang semakin menyejukan suasana.

Karena Telaga Sunyi airnya bersumber langsung dari mata air Gunung slamet, menjadikan air yang ada di Telaga sunyi sangat jernih dan kebiruan sehingga dasar kolam telaga sunyi dapat terlihat langsung dari atas telaga.

Telaga sunyi buka setiap hari mulai jam 07.00 – 17.00 WIB. Karena suasana Telaga Sunyi yang sejuk dan asri tempat ini menjadi pilihan favorit bagi wisatawan yang sedang berliburan Ke Purwokerto.

BACA JUGA:Wisata Alam Banyumas: Curug Kali Kawung Desa Krajan

BACA JUGA:Hotel Aston Purwokerto Telah Dijual, Ini Nama Pemilik Baru dan Harga Jualnya

Selain menyimpan keindahan, Telaga Sunyi juga menyimpan beberapa fakta – fakta menarik.

Sejarah Telaga Sunyi

Diberikan nama Telaga Sunyi karena memang suasananya yang masih sangat alami dan seringkali dijadikan tempat untuk merenung dengan mata tertuju pada keindahan alam,  merefresh pikiran - pikiran para pengunjung yang sedah jenuh.

Karena kesunyianya, memang konon katanya Telaga Sunyi ini merupakan tempat yang digunakan sebagai tempat pertapaan untuk mencari ilmu – ilmu kanuragan dan batin.

Mungkin karena suasana kesunyianya sehingga menjadikan tempat tersebut diberi nama Telaga Sunyi sampai sekarang, yang dapat juga diartikan tempat tersebut memberikan ketenangan, ketika kita berada disana.

BACA JUGA:Wisata Mina Padi Panembangan Tambah Spot Selfie Balon Udara

BACA JUGA:7 Rekomendasi Wisata Paling Hits di Banyumas yang wajib dikunjungi

Mitos warga setempat

Telaga Sunyi merupakan tempat yang indah, namun bukan hanya menyimpan legenda dari sebuah namanya, Telaga Sunyi juga menyimpan mitos yang telah dipercayai oleh warga sekitar.

Menurut warga sekitar yang merupakan warga asli Baturaden, jika seseorang yang sedang berkunjung ketempat ini kemudian mengumpat atau mengelurkan kata kotor akan didorong oleh mahluk yang tak kasat mata sampai ke dasar telaga.

Surga tersembunyi

Meskipun Telaga Sunyi menyimpan legenda dan mitos yang telah beredar di warga masyarakat setempat, hal itu bukan menjadi halangan untuk datang ke tempat ini. Alangkah baiknya kita sebagai pengunjung sudah seharusnya memang menghargai dan menghormati larangan - larangan yang telah ada dan menjaga kelestarian alamnya.

Telaga Sunyi sangat layak untuk kamu kunjungi. Karena didalamnya menyimpan keindahan alam yang pantas disebut sebagai surga tersembunyi, karena keasrian suasana dan airnya yang jernih kebiruan, yang didampingi oleh suara – suara kicauan burung dan suara yang dikeluarkan alam.

BACA JUGA:Baturraden Masih Jadi Primadona Wisata Banyumas

Berenang ditempat ini sangat memberikan ketenangan dan menyejukan hati, meskipun tidak berenang ke tempat ini juga sudah sangat memuaskan hati para pengunjungnya.

karena kamu bisa hanya sekedar piknik di Telaga Sunyi dengan membawa alat – alat masak untuk menikmati makanan yang telah kamu bawa, dengan kesejukan alam yang diberikan.

Menjadi Spot untuk Snorkeling

Telaga Sunyi memang seringkali dijadikan tempat untuk snorkeling karena memiliki spot kedalaman dasar hingga 5 meter, sehingga buat kamu yang memang suka untuk snorkeling tempat ini sangat cocok untukmu. Kamu bisa membawa perlatan sendiri dari rumah atau menyewa langsung ditempat dengan harga 200.000. Kamu sudah bisa menikmati keindahan Telaga Sunyi dari bawah air.

untuk kamu yang memang takut kedalaman atau tidak bisa berenang tidak perlu khawatir, karena disekitar telaga sunyi juga terhubung langsung dengan aliran sungai yang memiliki kedalaman hanya 1-2 meter.

BACA JUGA:Tempat Wisata Ikonik di Banyumas yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga Saat Libur Lebaran

Harga tiket masuk terjangkau

Jika kamu tertarik dengan Telaga Sunyi dan ingin segera berkunjung kesana, kamu tidak perlu khawatir akan mengeluarkan kocek yang besar, karena harga tiket masuknya cukup dengan mengeluarkan Rp 10.000 untuk biaya masuk dan cukup membayar lagi untuk biaya parkir seharga 2.000

Untuk harga tiket masuk dapat berubah – ubah mengikuti kebijakan yang ditentukan oleh para pihak setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: