Soto Sangka, Kuliner Nusantara Legendaris Khas Banyumas Sejak 1925

Soto Sangka, Kuliner Nusantara Legendaris Khas Banyumas Sejak 1925

Soto Sangka Khas Banyumas-Soto Sangka @PortalPurwokerto-Pikiran-Rakyat.com-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID-Keberadaan Soto Sangka sudah ada sejak Belanda masih berkuasa di Indonesia lebih tepatnya sudah ada sejak tahun 1925. Kawasannya terletak di Jalan Karangsawah, Kedunguter,Banyumas, Jawa Tengah.

Disebut Soto Sangka karena pencipta soto ini adalah Pak Sangka. Sejarahnya waktu pertama kali berdiri Pak Sangka hanya berjualan di pinggir jalan, namun karna keunikan cita rasanya itu bahkan Warga Banyumas sampai orang-orang Belanda pun menyukainya.

Sehingga Kuliner Nusantara ini sudah menjadi brand kuat hingga kini warung tersebut diwariskan dan dijalankan oleh anak cucunya.

Soto Sangka disajikan dalam mangkuk kecil dengan racikan bumbu 100% rempah alami khas Banyumas tanpa perasa buatan, serta berpaduan dengan kuah kaldu ayam dan sambal kacang yang lezat. 

BACA JUGA:Mengenal Tren Sleep Call dan Dampaknya Bagi Remaja Saat Ini

BACA JUGA:Cara Mengatasi Masalah Baling-baling Kipas Angin yang Tidak Memutar


Kuahnya ngga begitu keruh malah cenderung bening, mirip banget sama Soto Lamongan. Ditambah banyak banget potongan daging ayam dan juga kacang menambah cita rasa di lidah.

Komposisi Soto Sangka masih mirip seperti Soto Sokaraja yaitu terdiri dari daging ayam kampung, irisan ketupat, tauge, daun bawang, kacang tanah goreng, hingga sambal kacang. Harganya pun cukup terjangkau yaitu Rp 17.000 untuk satu porsinya kamu udah bisa nikmatin Lezatnya Soto legendaris Khas Banyumas ini.

Oiya tak hanya itu kamu juga bisa juga minta tambahan potongan ati ampela, daging ayam, hingga usus goreng dan krupuk loh, Wow lengkap banget ya tinggal pilih aja sesuai selera kamu.

Soto Sangka ini dijual di warung sederhana dengan 3 meja dan 15 kursi plastik yang tersedia dengan luas ukuran 4x6 m, walaupun sederhana tapi cita rasa dan lezatnya kuliner ini tidak perlu diragukan lagi ya gaes pastinya nampol.

BACA JUGA:Hotel Aston Tutup? Berikut Peringatan dalam Spanduk yang Terbentang di Pagar Hotel

BACA JUGA:94 Pelanggar Lalu lintas di Banjarnegara Terekam ETLE dalam Operasi Zebra Candi 2023

Aroma Soto Sangka yang khas dan lezat ternyata masih menggunakan cara tradisional dari sejak dulu loh, yakni menggunakan tungku atau pawon. Sehingga dapat mempertahankan cita rasanya yang unik dan lebih gurih dibanding yang lain.

Perlu kamu tau Tengku yang digunakan yaitu Tengku Tradisoanal, jadi masih menggunakan bahan bakar berupa kayu bakar, arang kayu, sabut kelapa, dan sebangsanya.

Kalau kamu mau mampir mencicipi soto legendaris khas Banyumas ini jangan lupa cek jadwal buka nya ya, Warung Soto Sangka Buka Pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Jangan lupa catat ya gaes !

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: