Dukung Relawan Damkar, Kilang Cilacap Serahkan Bantuan APD

Dukung Relawan Damkar, Kilang Cilacap Serahkan Bantuan APD

Section Head Emergency & Insurance HSSE PT KPI RU IV, Sjahru Sja’bani (kiri) menjabat tangan salah satu relawan setelah penyerahan APD secara simbolik, Senin (4/9/2023).-PT KPI RU IV Cilacap-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Wujud sinergi dengan stakeholder dan elemen masyarakat, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV CILACAP menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) bagi Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) CILACAP. Simbolis penyerahan bantuan dilakukan di aula Praja Wibawa Satpol PP CILACAP, Senin (4/9/2023).

Bantuan APD yang diserahkan berupa 50 unit rompi, 10 unit helm rescue, dan 5 unit coverall safety untuk operasi tangkap tawon. Diserahkan oleh Section Head Emergency & Insurance HSSE PT KPI RU IV, Sjahru Sja’bani kepada Kepala Satpol PP Cilacap, Luhur Satrion Muchsin untuk selanjutnya diberikan kepada perwakilan Redkar.

Sjahru menyebutkan, bantuan ini sebagai wujud kepedulian dan dukungan PT KPI terhadap keberadaan relawan yang dibutuhkan masyarakat.

"Meski sama-sama berharap, APD itu tidak pernah digunakan, artinya kondisi Cilacap aman dan tidak ada kejadian bencana. Ini menjadi wujud kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana maupun dan kapanpun," ungkapnya.   

BACA JUGA:Kilang Pertamina Cilacap Raih Platinum di Ajang Penghargaan Internasional di Vietnam

BACA JUGA:HUT ke78 RI, Pertamina Tegaskan Komitmen Hadapi Perubahan Global dan Transisi Energi

Senada Luhur menyatakan, persoalan pemadaman kebakaran bukan hanya tanggung jawab Pemkab Cilacap, dalam hal ini melalui Unit Damkar Satpol PP. Namun keterlibatan pihak lain, termasuk PT KPI RU IV sangat penting.

"Pemadaman kebakaran maupun upaya penyelamatan adalah urusan kita bersama. Terimakasih kerja sama yang terjalin baik dengan PT KPI RU IV dan selalu bermitra baik dalam kegiatan pelatihan maupun upaya pemadaman kejadian kebakaran," katanya.

Lanjut dia, bantuan ini sangat bermanfaat untuk membantu tugas-tugas pemadaman maupun upaya penyelamatan lain di masyarakat.

"Kami sangat terbantu oleh teman-teman Redkar yang luar biasa semangatnya. Apalagi hari ini ada bantuan rompi relawan, helm rescue dan coverall safety untuk operasi tangkap tawon tentu bermanfaat untuk teman-teman relawan," ucapnya.

Ketua Redkar Cilacap, Mustangin Mulyana mengapresiasi dan menyambut baik bantuan APD dari PT KPI RU IV.

"Kami sangat terbantu dengan adanya tambahan APD dari PT KPI. Ini semakin melengkapi peralatan yang dimiliki, karena tugas dan fungsi kami tidak jauh beda dengan petugas damkar Pemkab Cilacap," tuturnya.

Diketahui, Redkar merupakan organisasi potensi masyarakat binaan UPT Damkar Satpol PP Cilacap. Di dalamnya merupakan para relawan yang memiliki kesadaran tinggi untuk membantu peristiwa kebakaran maupun upaya penyelamatan lain, salah satunya operasi tangkap tawon. Saat ini, jumlah anggota Redkar mencapai 300 orang yang tersebar di 24 kecamatan di Cilacap. (*/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: