Tingkatkan Pelayanan, UPT Laboratorium DLH Cilacap Tambah Parameter Akreditasi

Tingkatkan Pelayanan, UPT Laboratorium DLH Cilacap Tambah Parameter Akreditasi

Penguji sampel air di UPT Laboratorium DLH Cilacap.-DOK RADARMAS-

CILACAP,RADARBANYUMAS.CO.ID - UPT Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Cilacap terus berupaya melakukan penguatan dan peningkatan kualitas layanan maupun parimeter akreditasi di tahun 2023 ini. 

Kepala UPT Laboratorium Lingkungan Yuniati Erlina mengatakan, di tahun 2023, pihaknya akan melakukan penambahan parameter akreditasi.

"Yang tadinya cuma 29 parameter menjadi 44 parameter. Di 44 parameter itu ada ruang lingkup air bersih, air permukaan dan air limbah," katanya.

BACA JUGA:Rumah Sakit di Cilacap Masih Sedikit, Baru Ada 13 Rumah Sakit

Dia mengatakan, di tahun ini UPT Laboratorium juga telah mengikuti Uji Profesiensi berskala Internasional tahun 2023. Dimana mendapatkan hasil Laboratory of Excellence dari empat parameter. 

"Empat parameter yang diikuti meliputi Fluorida, Daya Hantar Listrik, Sulfat dan Klorida. Uji Profesional ini dari PT ERA yang diikuti oleh 742 laboratorium pengujian sedunia," ujarnya. 

Dia mengatakan, di tahun ini banyak perusahaan yang meminta uji sampel air. Hingga Juni, terdapat 628 sampel yang diajukan. Sedangkan tahun lalu, sebanyak 886 sampel.

"Layanan permohanan bulan Juni mayoritas rata-rata dari fasilitas pelayanan kesehatan. Ke kita yang banyak permintaan dari Puskesmas, klinik, rumah sakit, perusahan menengah ada juga tapi tidak terlalu banyak," ujarnya. 

Dia menambahkan, target terdekat di tahun 2023, pihaknya akan meregritasikan parameter yang teregrirasi maju ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: