Perpustakaan Keliling Masih Diminati Pelajar Purbalingga

Perpustakaan Keliling Masih Diminati Pelajar Purbalingga

Siswa salah satu SD di wilayah Utara Purbalingga saat mendatangi mobil perpusling. (Amarullah Nurcahyo/Radar Banyumas)--

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Meski perkembangan gawai semakin canggih dan lengkap, namun minat membaca saat mobil perpustakaan keliling (Perpusling) Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purbalingga turun, puluhan siswa sekolah dasar (SD), masih berkerumun mendatanginya.

Kepala Dinarpus Kabupaten Purbalingga, Sadono, Minggu 3 Agustus 2023 mengungkapkan, paling diminati siswa SD yaitu buku cerita. Ada cerita rakyat, dan cerita lainnya.

Ia mengklaim, adanya perpusling ini untuk memberikan fasilitas di sekolah maupun di wilayah. Meski mereka sudah memiliki perpustakaan sendiri.

Timnya sering di wilayah pinggiran, bukan berarti wilayah kota jarang dikunjungi.  Siswa di kota tetap bisa mengakses buku- buku.

BACA JUGA:Seluruh Sekolah SD dan SMP di Purbalingga Mulai Terapkan Kurikulum Merdeka

“Saat masuk ke sekolah di perkotaan, antusiasme siswa juga masih baik. Mereka biasanya mencari buku cerita, terutama siswa sekolah dasar. Namun kini semuanya sama, tidak bisa langsung menikmati perpusling langsung di dalam mobil,” ungkapnya.

Pihaknya biasanya menerjunkan minimal dua staf petugas perpustakaan. Mereka menyusuri bukit dan wilayah pelosok hingga siang hari. Biasanya satu daerah hanya sekali karena jarak tempuh cukup lama.

“Kami masih bangga dengan antusiasme siswa dan guru. Bahkan kadang masyarakat umum juga ikut melihat. Petugas akan mempersilakan mereka membaca di tempat dan mengembalikannya lagi,” katanya.

Masyarakat umum biasanya mencari buku resep masakan, cara bercocok tanam tanaman obat dan literatur umum lainnya. Dinas berupaya selalu memperbarui perkembangan buku dan literatur yang ada. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: