Kebun Jati di Kalisube Terbakar, Ini Penyebabnya

Kebun Jati di Kalisube Terbakar, Ini Penyebabnya

Proses pemadaman api yang membakar kebun jati, Senin (28/8/2023) sore di Desa Kalisube.-Marno untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADAR BANYUMAS - Kebakaran lahan kebun jati terjadi di RT 1 RW 1 Desa Kalisube, Kecamatan Banyumas, Senin (28/8/2023) sekira pukul 15.30.

Bhabinkamtibmas Polsek Banyumas, Aiptu Apriyanto menceritakan, bermula dari warga Rudianto yang melihat kobaran api di kebun jati. Lalu, bergegas melaporkan ke penggarap lahan, Dwi Indra.

Selanjutnya, informasi kebakaran diteruskan ke Kapolsek Banyumas. Atas laporan tersebut, Kapolsek AKP Sudiyono bersama anggotanya, serta anggota Koramil 07 Banyumas ke lokasi kejadian untuk membantu memadamkan api. Bersama warga sekitar berupaya memadamkan api yang membakar dedaunan pohon jati kering.

"Kebakaran diduga disebabkan oleh puntung rokok dari orang yang mencari rumput," terang Aiptu Apriyanto.

BACA JUGA:Sumur Kering, Warga Kedungpring Jalan Kaki Mengangsu Air Sejauh 1,5 Km

BACA JUGA:Setelah Hampir 3 Jam, Kebakaran Hutan di Kebasen Akhirnya Berhasil Dijinakkan

Kepala Desa Kalisube segera menghubungi pemadam kebakaran, khawatir api merembet lebih luas, mengingat saat ini masuk musim kemarau.

Kedatangan mobil pemadam kebakaran mempercepat proses mematikan si jago merah. Hingga akhirnya, satu jam kemudian, sekira pukul 16.30, api berhasil padam.

"Tidak sampai ada pohon jati yang terbakar," imbuh Aiptu Apriyanto.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Gerak cepat untuk memadamkan api, sehingga hanya sekira 700 meter persegi lahan yang terbakar. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: