Tips Naik Motor Matik di Tanjakan dan Turunan ala Honda Istimewa

Tips Naik Motor Matik di Tanjakan dan Turunan ala Honda Istimewa

Mengendarai motor matik di turunan ada tips khusus, agar tetap aman dan tidak merusak kendaraan-Astra Motor Yogyakarta untuk Radarmas-

YOGYAKARTA, RADAR BANYUMAS - Berkendara menggunakan sepeda motor matik berbeda dengan sepeda motor yang menggunakan kopling (clutch). 

Pada sepeda motor tipe sport atau bebek, terutama ketika melewati jalanan turunan, dapat memanfaatkan engine brake dengan memposisikan gigi satu untuk membantu mengurangi kecepatan. Berbeda jika mengendarai sepeda motor matik dengan perpindahan tranmisi secara otomatis.  

Tim Instruktur Safety Riding Astra Motor Yogyakarta selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah Yogyakarta, Kedu, dan Banyumas akan memberikan tips menggunakan sepeda motor matik ketika melewati jalan turunan dan tanjakan.

Tips Mengendarai Motor Matik di Jalan Tanjakan dan Turunan

1. Mengecek Kendaraan yang Digunakan

Untuk menjaga performa kendaraan dan meminimalisir potensi terjadinya insiden dari faktor kendaraan, lakukanlah pemeriksaan pada kendaraan yang kita gunakan mulai dari bensin, oli, rantai, ban, kopling, rem, dan perangkat lainnya.

2. Mengetahui Kondisi Rute yang Akan Dilewati.

Pastikan mengetahui rute atau kondisi jalan, agar bisa mengenali terlebih dahulu berbagai macam medan yang akan dilewati

3. Memasuki Jalan yang Menanjak

Saat akan memasuki jalan menanjak, sebaiknya mengambil ancang-ancang dengan jarak yang cukup agar sepeda motor mendapatkan tenaga saat melewati tanjakan.

4. Sebelum Memasuki Jalan yang menurun.

Pada saat akan memasuki jalan menurun, sebaiknya kurangi kecepatan agar kita dapat melakukan proses pengereman secara maksimal.

5.    Melewati Jalan yang Menurun

· Buka sedikit gas agar mendapatkan sedikit efek engine brake

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: