Mahasiswa Tim KKN 182 FISIP UNS dan Karang Taruna Dusun Serut sukses menggelar SPF 2023

Mahasiswa Tim KKN 182 FISIP UNS dan Karang Taruna Dusun Serut sukses menggelar SPF 2023

Mahasiswa Tim KKN 182 FISIP UNS sukses menyelenggarakan Serut Podomoro Festival 2023.-Mahasiswa Tim KKN 182 FISIP UNS untuk Radarmas-

Serut Podomoro Festival 2023: Ruang Suarakan Seni dan Rawat Bumi 

KARANGANYAR, RADAR BANYUMAS – Mengingat sorak-sorai tahun 2022, Karang Taruna di Dusun Serut, Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar serta Mahasiswa Tim KKN 182 FISIP UNS dan ISI Surakarta kembali mengadakan acara kesenian bertajuk Serut Podomoro Festival (SPF). SPF tahun ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 4 - 6 Agustus 2023. Kali ini, SPF bertemakan “Merawat Bumi Merawat Kehidupan” sebagai seruan yang mengingatkan bahwa manusia, bumi, dan alamnya merupakan satu kesatuan yang perlu dirawat agar terus lestari.  

Serut Podomoro Festival 2023 menjadi menarik karena menampilkan potensi seniman lokal Dusun Serut dan luar daerah yang sudah ternama dalam sebuah kolaborasi. Ketua Panitia SPF 2023, Bilantika Sari mengatakan SPF tahun ini merupakan perpaduan seniman dari daerah Solo Raya, Banyumas, Malang, Ponorogo, hingga Mexico. 

“SPF 2023 menghadirkan kesenian tari seperti Tari Ronggeng Nyentrik dari Sanggar Orek, geguritan dari Rudi Yaso, musik dari Kurawa Voice, ketoprak dari Sanggar Pasinaon Pelangi, dan masih banyak lagi” katanya.

SPF bukan hanya merupakan sebuah pertunjukan seni, melainkan juga sebuah tradisi perayaan menyambut hujan. Pertunjukan sekaligus perayaan ini menjadi ruang gembira warga Dusun Serut. UMKM di sepanjang jalan menuju panggung menjadi pelengkap kemeriahan acara. Tidak hanya itu, SPF 2023 juga dihiasi dengan gelak tawa anak - anak yang bermain dalam acara “Dolanan Bocah Serut”. Kreativitas dan wawasan warga setempat juga ditingkatkan lewat kegiatan Magnificent Lurik, Ecoprint Batik Lokal, dan Workshop Sayur Podomoro yang menjadi ikon dari acara ini. 

Podomoro sendiri diambil dari nama masakan tradisional yang lebih umum dikenal sebagai sayur lodeh. Makanan tersebut dihidangkan oleh tuan rumah kepada warga yang membantu dalam persiapan acara pernikahan. “Kita angkat nama itu agar semakin dikenal banyak orang serta nuansa guyup rukun dan gotong royong terus terjaga” kata Tika, Jumat (04/08/2023). 

Serut Podomoro Festival yang dilakukan di sepanjang sawah Dusun Serut ini dirayakan dan diapresiasi oleh para petinggi dan warga setempat dengan riang gembira. Oleh karena itu, cerita dan euphoria acara yang penuh arti dan makna ini diharapkan bisa ikut dirayakan seramai - ramainya oleh masyarakat di luar sana. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: