Artefak Amunisi Eks USS Langley Diserahkan ke Museum Susilo Sudarman

Artefak Amunisi Eks USS Langley Diserahkan ke Museum Susilo Sudarman

Danlanal Cilacap Kolonel Laut (P) Bambang Subeno saat berdiskusi dengan kurator Museum Susilo Sudarman, Sabtu 12 Agustus 2023.-Penal Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADAR BANYUMAS - Pangkalan TNI Angkatan Laut (LanalTNI) Cilacap serahkan artefak amunisi, yang ditemukan di perairan pulau Nusakambangan kepada Museum Susilo Sudarman. Diyakini amunisi tersebut bekas dari Kapal USS Langley CVN-1.

Artefak yang diserahkan berupa amunisi peluru senapan mesin kaliber 12,7 MM, 7,2 MM dan 9 MM. Penyerahan dilakukan oleh Komandan Lanal (Danlanal) Cilacap, Kolonel Laut (P) Bambang Subeno.

"Kita serahkan ke museum agar menjadi rujukan sejarah, bahwa di Cilacap pernah terjadi pertempuran laut pada masa Perang Dunia ke 2," katanya, Senin (14/8/2023).

BACA JUGA:Ribuan Peluru Bekas Perang Dunia II Ditemukan dalam Bangkai Kapal di Perairan Nusakambangan

Amunisi tersebut pada awalnya ditemukan oleh nelayan ketika mencari besi bekas di perairan Nusakambangan. Kemudian dilakukan ekplorasi lanjutan oleh Komando Pasukan Katak (Kopaska) pada bulan Juli lalu.

"Dari ekplorasi pasukan katak diketahui dari head stamp pada amunisi tersebut, diketahui merupakan produsi Amerika Serikat," lanjut Danlanal.

Sementara itu, Kurator museum Susilo Sudarman, Indroyono Susilo mengatakan, pihaknya mengapresiasi Lanal Cilacap. Mengingat museum ini merupakan tempat satu-satunya yang memiliki nilai sejarah militer.

BACA JUGA:Penyelam Kopaska Turun Tangan Identifikasi Temuan Ribuan Amunisi di Perairan Nusakambangan

"Kami berharap temuan ini dapat diinformasikan kepada pemerintah AS mengenai lokasi penemuan amunisi yang diduga milik kapal induk USS Langley," pungkasnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: