Kecamatan Sumpiuh Perkuat FKDM untuk Menghadapi Isu di Tahun Poitik

Kecamatan Sumpiuh Perkuat FKDM untuk Menghadapi Isu di Tahun Poitik

Rapat koordinasi kewaspadaan dini masyarakat menjelang tahun politik, Kamis (3/8) di Smart Room Kecamatan Sumpiuh.-Fijri Rahmawati/Radar Banyumas-

BANYUMAS, RADAR BANYUMAS - Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kecamatan Sumpiuh memperkuat diri untuk menghadapi isu-isu yang kerap muncul, ketika mendekati tahun politik 2024.

Di antaranya FKDM menggandeng Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB). Sebab, saling memiliki keterkaitan dalam konteks ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya, serta pertahanan dan keamanan (ipoleksosbudhankam).

"Menjelang tahun politik, isu agama bisa dibenturkan, kita agar lebih waspada. Sehingga, perlu kolaborasi antara forum kewaspadaan dini dan umat beragama," kata Camat Sumpiuh Ahmad Suryanto, Kamis (3/8) sore usia rapat koordinasi.

BACA JUGA:Petani di Desa Cikembulan Tertarik Gunakan Pupuk Organik karena Baca Radar Banyumas

Adanya perbedaan ideologi dan politik di masyarakat berpotensi menimbulkan gejolak dalam pemilu 14 Februari 2024 mendatang. Terlebih, saat ini informasi apapun mudah sekali diakses di media sosial tanpa tahu kebenarannya.

Sehingga, perlu upaya untuk meminimalisasi potensi gejolak di masyarakat. Hal tersebut, bisa melalui sinergitas antara forum-forum yang telah ada untuk dioptimalkan. 

"FKDM perlu kejelasan mau melangkah bagaimana karena banyak informasi tentang ipoleksosbudhankam sebagai laporan," imbuh Kapolsek Sumpiuh, AKP Yanto.

BACA JUGA:Belum Masa Kampanye, Ini Tempat Larangan Pemasangan Atribut Parpol

Oleh karena itu, Danramil 10 Sumpiuh Kapten Inf Agung Sucipto menuturkan infomasi sekecil apapun menjadi sangat berharga. Terlebih, di wilayah Kecamatan Sumpiuh terdapat beragam latar belakang. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: