Dua Pekerjaan Strategis Peningkatan Akses Wisata Jadi Prioritas

Dua Pekerjaan Strategis Peningkatan Akses Wisata Jadi Prioritas

TEKEN KONTRAK. Kabid Pembangunan dan Perencanaan Jalan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyumas Taryono, menandatangani paket pekerjaan strategis yang dilaksanakan tahun ini, Selasa (1/8). -AAM JUNI RESTINO/RADAR BANYUMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Tahun ini, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyumas melaksanakan dua  kegiatan strategis peningkatan jalan, untuk mendukung akses pariwisata. Kedua kegiatan tersebut didanai, dengan bantuan keuangan provinsi tahun 2023.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyumas Kresnawan Wahyu Kristoyo melalui Kabid  Pembangunan dan  Perencanaan Jalan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyumas Taryono mengatakan, untuk pekerjaan peningkatan ruas Baturraden - Serang tahap dua sepanjang 1,7 Km dari total panjang 6 Km yang menjadi kewenangan Kabupaten Banyumas. Tahun ini ia sebut, ruas yang menjadi kewenangan Kabupaten Banyumas bisa dituntaskan.

"Sudah sesuai dengan ketentuan jalan kabupaten. Tahun ini, panjang jalan Baturraden -  Serang sepanjang 6 km, sudah tertutup dengan kondisi mantap dengan Hot mix. Kewajiban kita sudah selesai," kata dia.

BACA JUGA:Jalan Grumbul Gualangu Desa Sawangan Ajibarang Rusak Parah

Untuk pekerjaan tersebut, sudah dilakukan penandatanganan kontrak. Minggu ini dijadwalkan dimulai pembangunan tahap dua untuk Baturraden - Serang.

"Tahap dua sudah berkontrak, dalam minggu ini pengukuran ulang di lapangan untuk persiapan pelaksanaan pekerjaan. Kontrak pekerjaan sampai akhir November tahun ini," paparnya.

Peningkatan Jalan Baturraden - Serang dibangun dua tahap, dengan pendanaan yang semuanya bersumber dari bantuan pemerintah provinsi. Total untuk dua tahap tersebut ia katakan, menelan Rp 15 miliar dengan Rp 10 miliar untuk tahap awal dan Rp 5 miliar untuk tahap dua.

"Tahun ini, kita juga sekalian melakukan pengecetan marka jalan sepanjang 1,7 Km," jelasnya.

BACA JUGA:Infrastruktur Jalan di Kabupaten Cilacap Akan Diperbaiki Secara Bertahap

Terkait rencana peningkatan Jalan Baturraden - Serang ia sebut, sudah dilakukan perencanaan sejak tahun 2015. Dan baru bisa terealisasi di tahun 2022 dengan bantuan keuangan dari provinsi.

"Ruas jalan itu digunakan untuk pengembangan wisata, dan hasil pertanian. Juga untuk menyuplai hasil sayur mayur dari Serang ke Kabupaten Banyumas," paparnya.

Selain Baturraden - Serang, tahun ini juga dilaksanakan kegiatan yang bersumber dari bantuan keuangan provinsi berupa Peningkatan Jalan Akses Wisata Karanglo - Cipendok sepanjang 2,42 Km dengan angharan Rp 6,05 miliar.

BACA JUGA:Jelang Libur Lebaran, Ruas Jalan Akses Wisata di Purbalingga Mulai Diperbaiki

"Fokus dari kebijakan gubernur untuk mendukung wisata. Konsisinya disana (Karanglo - Cipendok) padat lalu lintasnya dan masih sempit, artinya jika kendaraan papasan belum representatif," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: