Pemilih Pemula Harus Berani Laporkan Pelanggaran Pemilu

Pemilih Pemula Harus Berani Laporkan Pelanggaran Pemilu

Kegiatan Sosialiasasi Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula Kabupaten Purbalingga di SMKN 1 Purbalingga. (ADITYA/RADARMAS)--

PURBALINGGA, RADAR BANYUMAS - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purbalingga meminta kepada pelajar yang akan menjadi pemilih pemula, dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024, untuk berpartisipasi dalam pengawasan.

 

Hal itu dikatakan oleh Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu kabupaten Purbalingga Joko Prabowo.

 

"Jika menemukan dugaan pelanggaran Pemilu. Maka, Pemilih Pemula harus berani melaporkan ke jajaran Pengawas Pemilu," katanya, saat kegiatan Sosialiasasi Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula Kabupaten Purbalingga di SMKN 1 Purbalingga.

 

Dia mengajak Pemilih Pemula untuk menjadi pengawas partisipatif pada Pemilu serentak 2024. Apalagi pada Pemilu 2024 mendatang, jumlah pemilih muda akan mendominasi. Termasuk pemilih pemula yang akan meningkat dibanding Pemilu sebelumnya.

 

BACA JUGA:KPU dan Dindukcapil Diminta Pastikan Pemilih Pemula Kantongi KTP-el

 

"Kesempatan itu harus dimanfaatkan pemilih pemula untuk bisa mengawal jalannya proses Pemilu. Yakni, dengan menjadi pengawas partisitipatif sejak tahapan pemutakhiran data pemilih, pencalonan, hingga kampanye dan pemungutan suara," jelasnya.

 

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Purbalingga Mey Nurlela menambahkan, pemilih pemula harus medapatkan sosialisasi Pemilu 2024, termasuk tahapan Pemilu. Sebab, pemilih pemula sangat penting untuk kesuksesan Pemilu Serentak tahun 2024. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: