Tinjau Proses Evakuasi 8 Penambang Emas Ilegal yang Terjebak, Bupati Banyumas : Kita Prihatin Atas Bencana Ini

Tinjau Proses Evakuasi 8 Penambang Emas Ilegal yang Terjebak, Bupati Banyumas : Kita Prihatin Atas Bencana Ini

Bupati Banyumas memberikan keterangan kepada awak media saat meninjau operasi penyelamatan penambang emas yang terjebak air di dalam lobang galian tambang emas Desa Pancurendang, Ajibarang, Kamis (27/7/2023).-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

BANYUMAS, RADAR BANYUMASBupati Banyumas, Ir. Achmad Husein meninjau proses evakuasi 8 orang penambang yang terjebak di tambang emas ilegal di Desa Pancurendang Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, Kamis (27/7/2023).

Bupati Banyumas saat meninjau lokasi mengatakan, pihaknya sangat perihatin atas kejadian bencana tersebut.

"Kita perihatin atas kejadian bencana ini, kemudian yang kedua ini dengan proses pencaharian yang masih berlansung oleh tim gabungan. Ini harus menjadi bahan evaluasi untuk tindak lanjut, seterusnya ini mau bagaimana karena saya lihat ini bukan disini saja," katanya.

BACA JUGA:Alat Deteksi Bawah Air Dikerahkan untuk Pastikan Kondisi Lubang Galian, Lokasi 8 Penambang Emas yang Terjebak

Achmad Husein mengakui, meski pada penambang bukan mayoritas warga Banyumas akan tetapi Bupati tidak menginginkan kejadian seperti ini terulang lagi.

"Walaupun penambang-penambang pada umumnya bukan orang Banyumas, tetapi mau bagaimanakan tetap harus kita perhatikan. Supaya tidak pernah ada kejadian lagi seperti ini," terangnya.

Pihaknya pun akan melalukan koordinasi dan evaluasi mengenai keberadaan tambang tersebut.

"Akan saya rapatkan dengan Forkopimda habis Azhar, karena inikan kewenangan bukan di Kabupaten, kewenangan pertambangan seperti ini kan adanya di Pusat atau Provinsi," sambungnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: