Kejar Target Pendapatan Wisata, Dinporabudpar Banyumas Gandeng Biro Wisata Luar Daerah

Kejar Target Pendapatan Wisata, Dinporabudpar Banyumas Gandeng Biro Wisata Luar Daerah

Suasana pengunjung wisata Baturraden saat momen libur Idul Adha lalu.-Dok Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Dari Januari hingga bulan Juli ini, pendapatan dari sektor wisata masih jauh dari target tahun 2023. Beberapa bulan hingga akhir tahun ini, Pemkab Banyumas bakal menggenjot PAD dari sektor wisata.

Data pada bulan Januari hingga Juli tahun 2023, pendapatan yang dikelola UPT Purwomas meliputi Taman Rekreasi Andhang Pangrenan, THR Pangsar Soedirman, Museum Wayang Sendang Mas, Tirta Husada Kalibacin sebesar Rp 462.439.500 dari target Rp 973.372.000 atau 48 persen dari target.

Sedangkan untuk yang dikelola UPT BLUD, mulai dari Lokawisata Baturraden, Taman Apung Mas Kemambang, Menara Pandang Teratai, dan Taman Botani hingga kini telah mencapai Rp 8.888.557.500 dari target Rp 45.582.186.000 atau 20 persen dari target.

BACA JUGA:Penataan Kota Lama Banyumas Ditarget Jadi Destinasi Wisata Internasional

Kepala Dinporabudpar Banyumas Setia Rahendra mengatakan, akan berupaya agar pendapatan dari sektor pariwisata bisa sesuai dengan target.

"Saya sudah menekankan ini baik kepada bidang pariwisata, BLUD, maupun juga UPT purwomas. Bahwa sebenarnya sektor pariwisata di Banyumas sebetulnya menjanjikan untuk meningkatkan PAD," kata dia.

Pihaknya mengakui jika memang pendapatan masih belum sesuai target. "Dan Ini akan kita genjot terus," kata dia.

Upaya yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini adalah dengan menggandeng para biro dari luar daerah. "Misal nanti kami ke Bandung, Surabaya, dan kota lain, kamu akab kumpulkan biro perjalanan di sana.Kita sampaikan terkait dengan pariwisata di Banyumas," ujar dia.

Selain upaya itu, pihaknya juga akan melakukan beragam upaya inovatif agar mendatangkan wisatawan ke Banyumas. "Misal dengan penambahan sarana prasarana. Termasuk juga menggandeng PHRI untuk bisa terlibat," tandasnya. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: