Target Kunjungan Wisata Selama Libur Lebaran di Banyumas Tak Tercapai

Target Kunjungan Wisata Selama Libur Lebaran di Banyumas Tak Tercapai

Suasana Obwis Baturraden saat libur lebaran, -DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID  - Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, mencatat selama momen libur lebaran tahun 2024 dari tanggal 7 - 21 April realisasi kunjungan untuk obyek wisata milik Pemerintah Kabupaten Banyumas sebanyak 95.728 atau 79,4 persen. Jumlah itu, belum bisa memenuhi target 120 ribu kunjungan wisatawan selama momen libur lebaran tahun ini. 

Kabid Pariwisata Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Wardoyo mengatakan, capaian kunjungan wisatawan di obyek wisata yang dikelola oleh Pemkab Banyumas belum bisa maksimal dipengaruhi oleh beberapa faktor. Menurutnya, durasi libur setelah hari raya hanya empat hari efektif untuk berwisata yaitu dari tanggal 11-14 April.

"Kemacetan lalu lintas pada jalur Ajibarang-Bumiayu mengurangi jumlah wisatawan dari daerah Brebes, Tegal, dan Jawa Barat seperti Indramayu, Kuningan dan Cirebon. Wisatawan daerah tersebut sampai di Baturraden jam 15an," kata dia. 

BACA JUGA:Pembangunan Perluasan Pasar Ajibarang Bakal Dilengkapi IPAL

Faktor berikutnya adalah, adanya obyek wisata baru yang dekat dengan domisili wisatawan. Kemudian kondisi perekonomian yang kurang baik. 

"Kenaikan sembako terutama beras berpengaruh pada terbatasnya budget untuk berwisata," jelasnya. 

Dari beberapa faktor tersebut, menurutnya yang paling berpengaruh menjadikan kunjungan wisatawan tidak sesuai target adalah durasi libur yang pendek setelah lebaran dan kemacetan lalu lintas. 

BACA JUGA:Sasar 8 Perempatan Bangjo, 7 Pengemis dan Pengamen Terjaring

"Sebelum lebaran tanggal 6-10 April cenderung digunakan untuk belanja persiapan lebaran, tanggal 10-12 April fokus untuk silaturahmi," paparnya. 

Lanjut, ia mengatakan, dari berbagai obyek wisata yang dikelola Pemkab Banyumas seperti Lokawisata Baturraden, Taman Apung Mas Kemambang, Menara Teratai, Taman Botani, Taman Rekreasi Andhang Pangrenan, THR Pangsar Soedirman, Museum Wayang Banyumas, Kolam Renang Tirtahusada Kalibacin, wisatawan masih menjadikan Lokawisata Baturraden sebagai destinasi favorit dengan total kunjungan 42.605 kunjungan selama libur lebaran. 

"Diikuti Taman Apung Mas Kemambang 34.084 kunjungan, dan Menara Teratai 9.329," jelasnya. 

BACA JUGA:Diserang Wereng, Tanaman Padi di Kecila Ada yang Sampai Puso

Dari hasil kunjungan tersebut ia sampaikan, ada beberapa hal yang harus dievaluasi. Dari aspek pariwisata penting untuk melakukan inovasi.

"Berupa penyediaan atraksi seni pada masing-masing obwis dan penambahan atau perubahan wahana untuk menarik pengunjung," paparnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: