Perwakilan MTs dan MA Didorong Juara KSM Sampai Tingkat Nasional

Perwakilan MTs dan MA Didorong Juara KSM Sampai Tingkat Nasional

Pelaksanaan KSM Tingkat Provinsi Jateng awal bulan depan untuk juara-juara KSM tingkat Kabupaten Banyumas bertempat di MAN 2 Banyumas.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADAR BANYUMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Perwakilan MTs dan MA dalam catatan Kementerian Agama Kabupaten Banyumas belum pernah menjuarai Kompetisi Sains Madrasah (KSM) sampai tingkat nasional sehingga tahun ini bakal didorong melalui Training Centre (TC).

Sekretaris Komite KSM Kabupaten Banyumas, Aji Kuswanto mengatakan hasil KSM tingkat Kabupaten Banyumas sudah keluar pekan lalu. Dari daftar pemenang KSM tingkat Kabupaten Banyumas 2023, di 11 mata pelajaran untuk semua jenjang, juara 1 dari siswa SMA Negeri 2 Purwokerto ada di tiga mata pelajaran yaitu Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi dan Geografi Terintegrasi. Di 8 mata pelajaran lainnya, juara 1 diraih siswa madrasah negeri maupun swasta.

"Siswa MI pernah juara sampai nasional. MTs dan MA belum. Inilah yang kami dorong sampai juara  nasional," katanya ditemui Radarmas, Senin (17/7).

BACA JUGA:Pendaftar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten Banyumas Meningkat Dibanding Tahun Lalu

Aji menjelaskan bentuk dorongan yang diberikan dengan diikutkan TC (pelatihan terpusat) sebelum pelaksanaan KSM Tingkat Provinsi Jateng online pada 5 dan 6 Agustus mendatang di MAN 2 Banyumas. Tidak hanya bagi siswa madrasah yang menjadi juara, siswa dari sekolah yang juara pun akan diikutkan dalam TC yang dibiayai oleh Komite KSM Tingkat Kabupaten Banyumas.

"TC bisa ditempatkan di asrama-asrama madrasah. Bisa di MIN 1 Banyumas atau MAN 2 Banyumas," terang dia.

Disinggung mengenai waktu pelaksanaan TC, keinginannya sudah dapat dimulai sekitar tanggal 24 Juli . Dari komite telah menunjuk Kepala MAN 1 Banyumas sebagai koordinator dengan pengalamannya melaksanakan TC bagi juara-juara KSM di Kabupaten Kebumen.

"Nanti untuk trainer dari koordinator TC yang mengundang," pungkas Aji. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: