Harga Cabai Rawit Terjun Bebas di Pasar Kroya

Harga Cabai Rawit Terjun Bebas di Pasar Kroya

Pedagang bumbu dapur berjualan di Pasar Kroya -Rayka Diah Setianingrum/Radar Banyumas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Harga cabai rawit di Pasar Kroya mengalami penurunan drastis, sudah berlangsung selama empat hari ini. Bahkan penurunan hampir separuh harga dari biasanya.

Pedagang Pasar Kroya, Bowo mengatakan, saat ini harga cabai rawit berkisar Rp 18 ribu per kilogram (kg). Dari harga sebelumnya yang biasa berkisar Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu per kg. 

"Kemungkinan sedang panen raya jadi harga turun. Kemarin saat naik faktor cuaca juga karena cuaca buruk jadi gagal panen," ujarnya, Minggu (16 Juli 2023). 

BACA JUGA:Perbaikan Infrastruktur Jalan Rusak di Dayeuhluhur Dikebut

Namun demikian, untuk harga komoditas cabai lainnya, seperti cabai merah besar dan merah keriting masih normal. Saat ini, harga cabai merah besar dibanderol dengan harga Rp 24 ribu per kg. Sedangkan cabai merah keriting Rp 27 ribu per kg.

"Meski harga terbilang cukup rendah tapi tidak mempengaruhi pendapatan. Masih sama seperti biasa tidak ada lonjakan pembeli," katanya. 

Bahkan menurut Bowo, dia sengaja mengurangi stok cabai dikarenakan jumlah pembeli yang semakin sepi. 

BACA JUGA:Event-Event Desa Wisata Mulai Bermuculan, Jadi Angin Segar Bagi Pariwisata di Cilacap

"Biasanya kita stok sehari 50 kilogram, sekarang paling cuma 20 kilogram. Sejak Pasar Kroya pindah ke pasar darurat memang kondisi semakin hari semakin sepi," kata dia. 

Dia mengharapkan, Pemerintah Kabupaten Cilacap bisa segera mengambil tindakan untuk kembali memperbaiki Pasar Kroya yang terbakar. Dengan harapan, ekonomi pedagang di pasar bisa semakin membaik. 

"Sejak pasar pindah memang rata-rata omzet pedagang tidak naik. Bahkan turun drastis. Kami harap, dengan dialihkannya aset pasar ke Pemda, bisa segera dibangun kembali pasar yang terbakar," ujarnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: