Kirab Ziarah Memperingati Suro di Pekunden Digelar Sederhana dan Penuh Khidmat

Kirab Ziarah Memperingati Suro di Pekunden Digelar Sederhana dan Penuh Khidmat

Prosesi Kirab Ziarah luluhur Desa Pekunden, Minggu (16/7) ke petilasan dan makam kepala desa. Kegiatan merupakan rangkaian peringatan Sura-Fijri Rahmawati/Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Suasana khidmat dan sederhana mewarnai Kirab Ziarah untuk memperingati 1 suro di Desa Pekunden Kecamatan Banyumas, Minggu (16/7). Dimulai dengan meletakan kembang setaman yang dikemas menggunakan daun ke jolen atau tempat sesaji.

Kirab Ziarah dilakukan berjalan kaki dengan menandu jolen. Diiringi tabuhan gamelan yang dikoordinasi oleh Eko Kuntowibowo.

Kembang setaman ditaburkan ke masing-masing petilasan. Kepala Desa Pekunden, Suranto bersama rombongan Kirab Ziarah khusyu melantunkan doa-doa di setiap petilasan.

BACA JUGA:Whastapp Wakil Bupati Banyumas Kena Hack, Sadewo: Apabila Ada Pesan dari Nomor Saya, Abaikan Dulu

Ketua Pokdarwis Pekunden, Sudarmanto menyampaikan, ziarah leluhur diawali ke petilasan Eyang Yudhakarsa, sebagai salah satu pendiri Desa Pekunden. Ada dua petilasan lainnya yakni Mbah Kendil Wesi dan Mbah Jaka yang berada di lokasi terpisah.

"Kirab Ziarah leluhur lebih sederhana dari tahun sebelumnnya. Kali ini, tidak ada penari yang mengiringi," kata Sudarmanto.

Kirab Ziarah dilanjutkan berjalan kaki kembali menuju petilasan lainnya. Suara gamelan menambah syahdu pagi hari menjelang siang. Walaupun digelar sederhana, tak mengurangi makna dari ziarah leluhur.

BACA JUGA:Pilkades Serentak 2023, Kades Gumelar Lor Sudah Serahkan AMJ ke BPD

Rombongan mendatangi seluruh makam Kepala Desa Pekunden yang telah wafat. Mulai dari Kepala Desa Pekunden pertama, Tirtayuda, hingga Narsim yang belum lama ini meninggal dunia pada pertengahan Desember 2022 lalu.

Hal yang sama dilakukan rombongan kirab saat ke makam Kepala Desa Pekunden. Mulai dari menabur kembang setaman lalu mendoakan. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: