114 Pengusaha UMKM Ikuti Digital Entrepreneurship Academy

114 Pengusaha UMKM Ikuti Digital Entrepreneurship Academy

Kegiatan pembukaan DEA Rabu 12 Juli 2023-Kominfo untuk Radarmas -

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sebanyak 114 pengusaha maupun pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Cilacap mengikuti Digital Entrepreneurship Academy (DEA). Kegiatan ini diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yakni Digital Talent Scholarship (DTS).

Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari, yakni Rabu (12 Juli 2023) hingga Kamis (13 Juli 2023). 

Kepala Diskominfo Cilacap, Supriyanto mengatakan, Kabupaten Cilacap memiliki potensi UMKM yang cukup baik. Terlebih saat ini Pemerintah Kabupaten Cilacap terus menggenjot investasi di bidang UMKM. 

BACA JUGA:Sidak Warga Binaan Lapas Permisan, Petugas Temukan Kartu Remi dan Barang Lainnya yang Dilarang

Supriyanto pun mencontohkan, Kabupaten Cilacap memiliki makanan Lanting yang berasal dari Kecamatan Adipala. Bahkan dalam pemasaran Lanting khas Adipala tersebut, sudah tembus pasar internasional hingga Los Angeles. 

Dengan adanya pelatihan tersebut, diharapakan para pengusaha maupun pelaku UMKM mampu bersaing dalam skala nasional bahkan internasional. Terutama dalam hal pemasaran digital. 

"Lanting kita yang kerap disebut LA ini, sudah tembus hingga ke Los Angeles. Ini bisa menjadi motivasi untuk para pemilik maupun pelaku UMKM di Kabupaten Cilacap, agar bisa ikut mengembangkan bisnisnya baik ke kancah nasional atau bahkan internasional," katanya. 

BACA JUGA:Sedekah Laut, Tradisi dan Ritual yang Digadang-gadang Serap Wisatawan Datang ke Cilacap

Sementara itu, Kepala BPSDMP Kominfo Yogyakarta, Christiany Juditha menyampaikan, para peserta akan mendapatkan pelatihan yakni merancang model bisnis, perencanaan profit (profit plan), memanfaatkan teknologi digital untuk membangun bisnis, hingga pelatihan memasukkan bisnis ke dunia digital dan membuat konten promosi.

"Setelah pelatihan ini selesai para peserta juga akan diberikan pendampingan selama dua Minggu secara online. Dengan pelatihan ini kami harap para pelaku UMKM di Cilacap bisa menjadi talenta-talenta mumpuni yang unggulan di negara kita," ujarnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: