Pertamina Investor Day 2023 Kunjungi Cilacap, Melihat Lebih Dekat Kilang Biorefinery

Pertamina Investor Day 2023 Kunjungi Cilacap, Melihat Lebih Dekat Kilang Biorefinery

Foto bersama rombongan peserta kunjungan setelah melakukan kegiatan, Selasa 04 Juli 2023.-PT KPI RU IV Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID – Biorefinery yang mengolah energi hijau (green energy) di PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) menjadi salah satu milestone membanggakan sekaligus komitmen mengantisipasi berkurangnya energi fosil. Hal itu diungkapkan Direktur SDM & Penunjang Bisnis PT KPI, Isnanto Nugroho pada Site Visit dalam Pertamina Investor Day 2023 di gedung Patra Graha Cilacap, Selasa 04 Juli 2023.

Isnanto membenarkan keberadaan Biorefinery menjadi alasan utama membawa para investor dari perbankan maupun keuangan dalam dan luar negeri itu ke Cilacap.

“Selamat datang di Kilang Cilacap, home of Biorefinery yang mengolah HVO (Hydrotreated Vegetables Oil) yaitu minyak kelapa sawit dari RBDPO (Refined Bleached Deodorized Palm Oil)," jelasnya.

Dicontohkan produk-produk green energy yang diolah di Kilang Cilacap sudah terbukti keandalannya di berbagai event berskala internasional.

“Di antaranya pada 2022 lalu, produk Biodiesel mendukung gelaran balap Formula E di Jakarta serta agenda G20 di Bali. Semoga kunjungan ke Cilacap memberikan kesan mendalam dan pengalaman tak terlupakn untuk para investor,” kata Isnanto.

Senada Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero), Emma Sri Martini menyebut Kilang Cilacap yang diresmikan pada 1976 silam sudah sangat berpengalaman dalam bisnis migas di Indonesia. 

"Maka kami tak pernah berhenti, terus melakukan pengembangan dan penyegaran di banyak sektor setiap tahunnya," katanya.

Lebih lanjut pengembangan green energy tentu membutuhkan dukungan dari banyak pihak termasuk pada investor, demi menekan ketergantungan pada energi fosil.

"Kami berpegang pada penerapan Good Corporate Governance (GCG) dan komitmen melaksanakan Environment, Social, Governance dalam kegiatan bisnis," imbuh Emma.

GM PT KPI RU IV Cilacap, Edy Januari Utama menyambut positif kegiatan Site Visit Pertamina Investor Day 2023 yang disebutnya memiliki peran strategis khususnya bagi Kilang Cilacap.

"Kilang terbesar dengan kapasitas 348 ribu barrel per hari ada di Cilacap. Perannya sangat vital menopang 34% kebutuhan BBM Nasional dan 60% BBM di Pulau Jawa. Kehadiran para investor semakin menambah gairah perusahaan dalam melakukan berbagai terobosan dan inovasi," katanya.

Sebelumnya, rombongan lebih dulu mengunjungi Kampung Berkualitas (KB) Gadis Kelurahan Tegalreja, Cilacap Selatan melihat Eco Smart Greenbyang dimanfaatkan untuk pengolahan sayuran hidroponik. Selanjutnya para tamu investor melakukan kunjungan di area Kilang Cilacap, termasuk melihat lebih dekat unit Biorefinery.

Dalam kesempatan itu turut dipamerkan beragam produk unggulan UMKM binaan RU IV, seperti kerajinan Ecoprint dari Kampung KB Gadis Tegalreja, olahan jamur dan jahe dari Kemiren Asri, kuliner khas Cilacap dari KWT Sekar Arum dan olahan kepiting dari Kampoeng Kepiting Kutawaru. (*/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: