Cegah Konflik Antar Ormas Jelang Pemilu, Puluhan Ormas di Banyumas Dikumpulkan

Cegah Konflik Antar Ormas Jelang Pemilu, Puluhan Ormas di Banyumas Dikumpulkan

Kegiatan fasilitasi mitigasi pencegahan Organisasi Masyarakat (Ormas) di Banyumas, Selasa (4/7/2023), di Pendopo si Panji.-MAHDI SULISTYADI/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Kegiatan fasilitasi mitigasi pencegahan Organisasi Masyarakat (Ormas) di Banyumas dilakukan, Selasa (4/7/2023), di Pendopo si Panji. Kegiatan tersebut digagas oleh Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri dan Bakesbangpol Kab Banyumas. 

Kegiatan fasilitasi metigasi pencegahan ormas ini, adalah dalam rangka untuk pencegahan konflik antar ormas yang ada di wilayah Banyumas.

Mewakili Bupati Banyumas, Plt Aspemkesra Setda Kabupaten Banyumas Drs Nungky Hari Rachmat SSos MSi menyampaikan keberadaan ormas ini diharapkan bisa menumbuhkan demokratisasi.

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024, Kapolres Minta Ormas di Purbalingga Satu Visi untuk menjaga Keamanan

"Keberadaan ormas bisa sebagai wadah untuk menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa serta sebagai kontrol sosial," kata dia. 

Dia berharap agar seluruh ormas dapat bersinergi dan menjaga masyarakat di Kabupaten Banyumas. Keberadaan ormas juga harus menjadi rekan untuk menjaga kondusifitas wilayah Banyumas dan mendorong kemajuan Banyumas. 

BACA JUGA:Totalitas Simulasi Pemilu 2024, Ini yang Dilakukan Panitia dan Calon

Sementara itu, salah satu poin yang disampaikan Kepala Bakesbangpol Banyumas, Eko Heru Surono SSos adalah mengenai kewajiban ormas dalam Pemilu.

Dia katakan, kewajiban ormas antara lain untuk memelihara nilai agama, budaya, moral, etika, dan norma kesusilaan serta memberikan manfaat untuk masyarakat, 

"Ormas juga berkewajiban menjaga ketertiban umum dan terciptanya kedamaian dalam masyarakat, serta berpartisipasi dalam pencapaian tujuan negara (Pemilu)," kata dia. 

BACA JUGA:Puncak Simulasi Pemilu 2024, Kades Banjarpanepen Mengaku Masyarakat Siap Berdemokrasi

Hal senada disampaikan Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edi Suranta Sitepu, SIK MH. Ormas sebagai saluran saluran dari masyarakat diharapkan mampu berkomunikasi dan mensosialisasikan  penyelenggaraan pemilu kepada masyarakat.

"Dan bersama menciptakan keadaan yang aman dan damai pada Pemilu 2024," tegasnya. 

Materi mengenai ormas ini juga disampaikan oleh Prof Dr Paulus Israwan Setyoko MS sebagai Guru Besar FISIP Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Serta, Kabid Poldagri dan Ormas Bakesbangpol Kab. Banyumas Iwan Yulianto SSos.  (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: