Gempa Berkekuatan 4,2 SR Mengguncang Cilacap, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Berkekuatan 4,2 SR Mengguncang Cilacap, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi berkekuatan 4,2 SR guncang Cilacap 27 Juni 2023 -BMKG untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Kejadian gempa bumi kembali mengguncang wilayah Cilacap. gempa berkekuatan magnitudo 4,2 skala ritcher (SR) ini, terjadi Selasa (27/6) pukul 10.48 WIB. 

Kepala BMKG Geofisika Banjarnegara, Hery Susanto Wibowo mengatakan, gempa bumi tersebut terletak pada koordinat 8.37° Lintang Selatan dan 108.92° Bujur Timur. Berjarak 72 kilometer arah barat daya Cilacap dengan kedalaman 32 kilometer. 

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami," katanya. 

Hery menyampaikan, berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal yang diakibatkan adanya aktivitas pada zona subduksi.

BACA JUGA:Dari 716 Bacaleg dari Parpol, Baru 183 Penuhi Persyaratan

Menurutnya, guncangan gempa bumi tersebut dirasakan di daerah Cilacap II MMI. Kendati demikian, getaran hanya dirasakan oleh sedikit orang. 

"Sampai pukul 11.00 WIB, belum ada aktivitas gempa susulan atau aftershock. Dan belum ada laporan kerusakan dari masyarakat," kata dia. 

Pihaknya pun menghimbau kepada masyarakat supaya tidak terpengaruh informasi yang tidak ada dasarnya. Masyarakat diminta melapor ke instansi setempat jika ada kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: