Jelang Idul Adha 1444 H, Pande Besi Kewalahan Rampungkan Pesanan

Jelang Idul Adha 1444 H, Pande Besi Kewalahan Rampungkan Pesanan

Mamat (42) mengerjakan pesanan pisau, Senin (26/7). Pande besi sedang kewalahan pekerjaan untuk hari raya kurban. -FIJRI/RADARMAS-

BANYUMAS-Mendekati hari raya Idul Adha 1444 Hijriah, pande besi di Kelurahan Sumpiuh Kecamatan Sumpiuh kewalahan pesanan. Bahkan masih ada saja orang berdatangan.

"Pesanan pisau dan bendo sudah penuh. Tidak bisa menerima kalau ada yang minta mendadak," ujar pande besi Mamat, Senin (26/6).

Disebut Mamat bahwa antrian bendo dan pisau masih banyak yang belum digarap. Sedangkan untuk pembuatan bendo dalam waktu sehari maksimal hanya empat.

Ketika sedang mengerjakan pesanan bendo. Maka sudah fokus untuk menyelesaikan dan tidak dapat memegang yang lainnya.

"Keterbatasan waktu dan tenaga, semua dikerjakan sendiri, tidak punya pekerja," imbuh Mamat.

BACA JUGA: Kadus Kecamatan Pekuncen Perkuat Solidaritas Lewat Silaturahmi Rutin Paguyuban

Mamat mengaku kesulitan mendapatkan orang yang bisa membantu memproduksi perkakas dari besi. Karena, membuat bendo, pisau dan lainnya dibutukan tidak hanya sklill tapi dominan felling.

Tidak hanya pesanan baru, Mamat juga menerima rombak bendo dan pisau untuk digunakan keperluan kurban. Sehingga banyak pekerjaan yang harus dirampungkan dalam dua hari ke depan.

"Orang yang baru datang untuk rombak bendo, pisau, cangkul dan lainnya tidak bisa menjanjikan cepat selesai. Palingan setelah Idul Adha," tandas Mamat. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: