Dinkop UKM Akan Dorong Digitalisasi UMKM di Kabupaten Purbalingga

Dinkop UKM Akan Dorong Digitalisasi UMKM di Kabupaten Purbalingga

Pelatihan digital marketing untuk anggota keluarga pekerja rokok, di Rumah Makan PM Collaboration, Kamis, 23 Juni 2023. (ADITYA/RADARMAS)--

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Purbalingga didorong untuk mulai melaksanakan digitalisasi. Hal itu, untuk mendorong kemajuan dunia UMKM di Kabupaten Purbalingga.

Hal itu, diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Adi "Oye" Purwanto, dalam acara pelatihan digital marketing untuk anggota keluarga pekerja rokok di Purbalingga, yang diselenggarakan di Rumah Makan PM Collaboration, Kamis, 23 Juni 2023.

“Kami akan terus mendorong pelaku UMKM di Kabupaten Purbalingga hingga terdigitalisasi,” katanya.

Dia menjelaskan, hampir semua anak muda dan pelaku UMKM menggunakan smartphone. Sehingga, mereka akan didorong bisa melakukan pemasaran digital.

BACA JUGA:Kasus Dugaan Korupsi APBDes Desa Sindang, Mantan Kades Divonis 5 Tahun Penjara

"Baik yang berwirausaha maupun mereka bekerja dengan orang lain,” ujarnya.

Dia menambahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga melalui Dinkop UKM akan menggenjot pelaku UMKM melaksanakan digitalisasi. Yakni, dengan melakukan pendampingan yang ada di Desa atau Kecamatan.

Adi mengungkapkan, dari data nasional, baru sekira 20 persen pelaku UMKM di Indonesia sudah terdigitalisasi. Sehingga, diharapkan angkanya akan bertumbuh.

Ditambahkan olehnya, setelah pelatihan, peserta akan dipantau apakah mereka sudah mandiri atau bekerja.

"Dinkop UKM berkomitmen melakukan pelatihan bukan sekedar memenuhi kewajiban. Namun juga memastikan para peserta mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan apa yang dilatihkan," ujarnya. (tya)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: