Optimalkan Peran Masyarakat Antisipasi Gangguan Kamtibmas Jelang Pemilu, Polresta Banyumas Apel Satkamling

Optimalkan Peran Masyarakat Antisipasi Gangguan Kamtibmas Jelang Pemilu, Polresta Banyumas Apel Satkamling

Forkompinda dan peserta apel Sat Kamling foto bersama, Rabu (21/6/2023).-Humas Polresta untuk Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Polresta Banyumas melaksanakan Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) di halaman Apel Mapolresta Banyumas, Rabu (21/6/2023). 

Apel Sat Kamling dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kamtibmas, serta memperkuat sinergitas antara Polri dan masyarakat dalam memelihara situasi kamtibmas di wilayah hukum Polresta Banyumas. 

Dengan apel yang dipimipin langsung oleh Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, apel juga dihadiri unsur Forkopimda Kabupaten Banyumas, PJU Polresta Banyumas, Kapolsek Jajaran Polresta Banyumas, Ketua Satkamling, Linmas dan tokoh masyarakat lainnya. 

BACA JUGA:Kembangkan Penemuan Tulang Bayi di Tanjung, Polresta Banyumas Kembali Temukan 3 Kerangka Tulang

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu mengatakan, apel Sat Kamling digelar untuk mengoptimalkan peran masyarakat dalam memelihara situasi kamtibmas di wilayah. 

"Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT atau RW pada kelurahan ataupun desa. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan, dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif," kata Kapolresta Banyumas di hadapan peserta apel. 

Dijelaskan, Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas. Terlebih dalam menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan serentak tahun 2024 mendatang. 

"Saya berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing. Jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama," jelasnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: