Nelayan Resah karena Kemunculan Kawanan Buaya di Muara Sungai Kalisarah, Pasang Jaring Perangkap

Nelayan Resah karena Kemunculan Kawanan Buaya di Muara Sungai Kalisarah, Pasang Jaring Perangkap

Petugas saat akan memasukkan anakan buaya muara kedalam kandang besi untuk proses evakuasi ke kantor BKSDA, Selasa 13 Juni 2023.-Damkar Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Kemunculan kawanan buaya di area muara Sungai Kalisarah, Desa Brebeg, Kecamatan Kawunganten, meresahkan para nelayan yang sering beraktivitas di sekitar wilayah tersebut.

Dari kesaksian para nelayan, terdapat 4 ekor buaya yang terdiri dari 2 indukan berukuran sekira 2 meter lebih, dan 2 anakan dengan ukuran di bawah 1 meter.

"Para nelayan khawatir sehingga lapor ke saya, kemudian saya teruskan laporan ke pihak terkait," Kata Kepala Desa Brebeg, Zainudin ketika dikonfirmasi Radarmas, Rabu (14/6).

BACA JUGA:PPDB SMAN/SMKN Jateng 2023, Ganjar Tambah Kuota 7.920 Kursi

Sebagai bentuk perlindungan diri dari keresahan kemunculan kawanan buaya para nelayan memasang jaring perangkap.

Zainudin menyampaikan, semenjak dilaporkan terlihat sekitar dua bulan lalu, satu anakan buaya terjerat jaring perangkap. Dia pun segera menghubungi BKSDA dan Damkar untuk evakuasi.

Sementara itu, Kepala Resor Konservasi Wilayah Cilacap, Wahyono mengatakan, pihaknya sudah mengevakuasi anakan buaya yang terjerat jaring perangkap, Selasa (13/6).

BACA JUGA:Antrean Cetak E-KTP di Disdukcapil Cilacap Membludak, Setelah Hampir 1 Bulan Blangko E-KTP Kosong

Setelah didentifikasi merupakan jenis Buaya Muara (Crocodylus Porosus). Dan selanjutnya, diserahkan ke kantor BKSDA Cilacap untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Kita akan laporkan ke pimpinan apakah buaya tersebut akan dititipkan di penanangkaran atau lembaga konservasi, kita sedang menunggu arahan," tuturnya.

Menurutnya, Kawasan segara Anakan yang merupakan muara dari Sungai Kalisarah sering terlihat keberadaan buaya muara. Namun ia tidak bisa pastikan adanya kaitan antara buaya segara anakan dengan anakan buaya yang terjerat jaring nelayan di Desa Brebeg.

BACA JUGA:Jelang Pemilu, OJK Purwokerto Waspadai Indikasi Pencucian Uang

"Kawasan segara anakan memang sering terlihat penampakan buaya muara, bahkan memiliki ukuran yang cukup besar, saya tidak bisa pastikan apakah buaya yang ditangkap warga Brebeg itu berasal dari sana atau bukan, kita minta para nelayan waspada saja," pungkasnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: