Juni, Dinhub Banyumas Target Lima Park and Ride Siap Melayani Masyarakat

Juni, Dinhub Banyumas Target Lima Park and Ride Siap Melayani Masyarakat

TUNGGU BUS : Penumpang menunggu bus di halte terintegrasi Pasar Pon Purwokerto, Kamis (1/6/2023).-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID  - Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas mentargetkan lima park and ride siap melayani masyarakat pada Juni ini. park and ride menjadi salah satu upaya untuk menaikkan load factor Trans Banyumas

"Lima park and ride tersebut ada di Balai Desa Tambaksogra, Koramil Notog, Komplek Halte Notog, Ajibarang, dan Pasar Pon. Ini sedang persiapan. Bulan Juni ini direncanakan sudah bisa melayani," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas Agus Sriyono. 

Agus menuturkan, lokasi park and ride dipilih dengan melihat lokasi yang dinilai menjadi simpul bagi lokasi-lokasi di sekitarnya. Dengan begitu, masyarakat akan semakin dimudahkan dalam mengakses bus Trans Banyumas. 

BACA JUGA:Jembatan Lopasir Wangon Direhabilitasi, Warga dan Polisi Gotong Royong Bangun Jembatan Darurat

"Kita akan mengupayakan halte juga menyediakan park and ride," terangnya. 

Dikatakan, penyediaan park and ride menjadi salah satu hasil evaluasi yang dilakukan setelah melihat perkembangan layanan Trans Banyumas. Park and ride dinilai menjadi kebutuhan yang harus segera disiapkan. 

"Ini juga menjadi salah satu cara agar masyarakat yang tadinya menggunakan kendaraan pribadi, mulai beralih menggunakan transportasi umum," ucapnya. 

BACA JUGA:Setiap Hari, Pintu Bendung Banjaran II Sungai Kranji Dipenuhi Sampah Rumah Tangga

Lebih lanjut dikatakan, untuk tarif park and ride diserahkan kepada pengelola masing-masing. Namun, dia menekankan agar tarifnya tidak lebih besar digantikan tarif Trans Banyumas. 

"Selain itu, faktor rasa aman juga harus diperhatikan. Kita juga terus mencari lokasi yang representatif untuk dijadikan lokasi park and ride," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: