Masuk Musim Kemarau, BMKG sebut Masih Ada Potensi Hujan di Bulan Juni

Masuk Musim Kemarau, BMKG sebut Masih Ada Potensi Hujan di Bulan Juni

Sejumlah kendaraan di Kecamatan Kroya melintas di tengah hujan -Rayka Diah Setianingrum/Radar Banyumas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Memasuki bulan Juni, seharusnya sudah masuk musim kemarau, termasuk di Kabupaten Cilacap. Namun berdasarkan analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), masih terdapat potensi hujan di Bulan Juni ini.

Prakirawan Cuaca BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Rendi Krisnawan menjelaskan, saat ini masih terdapat potensi hujan di Kabupaten Cilacap, tetapi dalam katagori rendah. 

"Jadi meskipun musim kemarau, bukan berarti tidak ada hujan sama sekali. Seperti yang terjadi beberapa hari ini, terdapat hujan dengan katagori rendah di sejumlah wilayah di Kabupaten Cilacap," jelas Rendi, Selasa (6/6). 

BACA JUGA:165 Orang Jadi Korban TPPO dengan Kerugian Sampai Rp 2,5 Miliar

Rendi mengatakan, saat ini curah hujan di wilayah Kabupaten Cilacap kurang dari 50 milimeter per dasarian. Dan ikuti dasarian berikutnya. Berdasarkan hasil analisis BMKG kondisi ini berlangsung hingga dasarian pertama bulan Juli 2023. 

Selain itu, fenomena El Nino atau penurunan curah hujan, berpeluang 80 persen pada bulan Juni 2023 ini. Dan diprediksi akan berlangsung dengan intensitas lemah hingga moderat. 

BACA JUGA:Netizen Heboh, War Tiket Festival Balon Udara UMP Ludes Kurang dari 10 Menit

"Yang perlu di waspadai pada saat musim kemarau ini, bahaya kebakaran hutan dan lahan di beberapa wilayah. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu. Jadi antisipasi kekeringan dan ketersediaan air di beberapa wilayah sehingga masyarakat harus menghemat pemakaian air dan selalu menandon air," ujar Rendi. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: